EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN LEARNING CELL PADA ASPEK PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL PADA MATERI OPERASI ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI DI KABUPATEN PACITAN

Domas, Joko (2015) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN LEARNING CELL PADA ASPEK PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL PADA MATERI OPERASI ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI DI KABUPATEN PACITAN. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (660Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika aspek pengetahuan dan keterampilan ditinjau dari kecerdasan emosional siswa. Model pembelajaran yang dibandingkan adalah model pembelajaran NHT, learning cell, dan klasikal dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Pacitan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling dan diperoleh sampel berjumlah 261 siswa, dengan rincian 88 siswa kelompok eksperimen 1, 86 siswa kelompok eksperimen 2, dan 87 siswa kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar aspek pengetahuan, tes hasil belajar aspek keterampilan, dan angket kecerdasan emosional. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis variansi multivariat dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada model pembelajaran NHT dan learning cell memperoleh hasil belajar matematika pada aspek pengetahuan dan keterampilan lebih baik daripada model pembelajaran klasikal, dan pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada model pembelajaran NHT dan learning cell memperoleh hasil belajar matematika pada aspek pengetahuan dan keterampilan yang sama. (2) Siswa dengan kecerdasan emosional tinggi memperoleh hasil belajar matematika pada aspek pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan emosional sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan kecerdasan emosional sedang dan rendah memperoleh hasil belajar matematika pada aspek pengetahuan dan keterampilan yang sama. (3) Pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan kecerdasan emosional tinggi memiliki hasil belajar matematika aspek pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik dibandingkan siswa dengan kecerdasan emosional sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan kecerdasan emosional sedang dan rendah memiliki hasil belajar matematika pada aspek pengetahuan dan keterampilan yang sama. (4) Pada masing-masing kategori kecerdasan emosional, pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada model pembelajaran NHT dan learning cell memiliki hasil belajar matematika aspek pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran klasikal, dan model pembelajaran NHT sama baiknya dengan siswa yang dikenai model pembelajaran Learning Cell. Kata kunci: NHT, learning cell, klasikal, pendekatan saintifik, kecerdasan emosional, pengetahuan, keterampilan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 06 Sep 2015 00:19
    Last Modified: 06 Sep 2015 00:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17982

    Actions (login required)

    View Item