ANALISIS INSTRUMEN TES ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN FISIKA SMA KELAS XI DI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Triyani, (2015) ANALISIS INSTRUMEN TES ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN FISIKA SMA KELAS XI DI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (388Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan menjelaskan karakteristik tes baik secara kualitatif maupun kuantitatif soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Genap mata pelajaran Fisika kelas XI SMA di Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013 dan mengetahui efek pemusatan data pada besaran pengukuran dengan teori tes klasik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengukuran. Sampel penelitian ini adalah paket soal yang terdiri dari soal, data jawaban siswa sejumlah 1036 dan kunci jawaban soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Genap mata pelajaran Fisika kelas XI SMA di Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/1013. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi. Data dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu data 1 dan data 2. Data 1 dan data 2 dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dengan teknik expert judgement. Analisis kuantitatif dilakukan dengan bantuan komputer menggunakan program MicroCat ITEMAN versi 3.00 dan program SPSS. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah (1) karakteristik soal secara kualitatif ada 18 butir soal 45 % telah memenuhi ketiga aspek telaah dan 22 butir soal 55 % kurang dari tiga aspek telaah yang terpenuhi, secara kuantitatif reliabilitas soal tergolong baik untuk Ilmu Alam; indeks kesukaran soal tergolong sedang, Mean p pada hasil ITEMAN data 1 menunjukkan angka 0,526 dan data 2 menunjukkan angka 0,681; daya beda setiap butir soal dinyatakan baik, Nilai point biser dalam hasil ITEMAN tidak ada yang bernilai negatif. Selain itu hasil print out program ITEMAN menunjukkan angka Mean biserial data 1 (0,542) dan data 2 (0,374); pola jawaban soal berfungsi dengan baik diketahui dari data 1 ada 138 distraktor 86,25 % berfungsi efektif dan data 2 adat 109 distraktor 68,125 % berfungsi efektif. (2) Efek pemusatan data terhadap parameter besaran pengukuran dengan teori tes klasik dari data 1 ke data 2 yaitu nilai reliabilitas dari 0,879 menjadi 0,678, nilai mean p dari 0,526 menjadi 0,681, nilai mean biserial dari 0,542 menjadi 0,374, nilai mean dari 21,035 menjadi 27,230, median dari 21 menjadi 27, modus dari 15 menjadi 28. varians dari 61, 310 menjadi 21,706, simpangan baku bergeser dari 7,830 menjadi 4,659. Kata kunci : expert judgement, tendency central, ITEMAN, butir soal

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 06 Sep 2015 00:15
    Last Modified: 06 Sep 2015 00:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17981

    Actions (login required)

    View Item