PENGARUH KECEPATAN PENGELASAN (TRANSVERSE SPEED) TERHADAP KEKUATAN MEKANIK SAMBUNGAN MATERIAL POLYAMIDE (NYLON) DENGAN METODE FRICTION STIR WELDING DENGAN TAMBAHAN PEMANAS

Ardiantono, Ivan Maulana (2015) PENGARUH KECEPATAN PENGELASAN (TRANSVERSE SPEED) TERHADAP KEKUATAN MEKANIK SAMBUNGAN MATERIAL POLYAMIDE (NYLON) DENGAN METODE FRICTION STIR WELDING DENGAN TAMBAHAN PEMANAS. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (100Kb) | Preview

    Abstract

    Penyambungan material polyamide dengan friction stir welding merupakan salah satu jenis metode baru dalam dunia pengelasan. FSW merupakan pengelasan dalam kondisi padat. Pengelasan FSW dipengaruhi beberapa parameter yang harus diperhatikan, antara lain: kecepatan putaran, transverse speed, shoulder depth of plunge, and tool geometry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transverse speed dan pemanas tambahan terhadap kekuatan mekanik hasil sambungan las FSW dengan material polyamide. Parameter pengelasan FSW yang digunakan yaitu kecepatan putaran 1140 rpm. Variasi transverse speed yang digunakan adalah 7,3; 13; 24,5; 33,5 mm/min dengan penambahan pemanas, Kekuatan mekanik terbaik diperoleh pada variabel transverse speed 7,3 mm/min dengan pemanas tambahan. Kekuatan tarik tertinggi adalah 38,25 N/mm², dan kekuatan bending adalah 39,74 N/mm². dengan metode face bending. Sifat terbaik dihasilkan dengan banyaknya material lunak yang menempel pada sambungan dan tidak adanya voids pada strukur.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 05 Sep 2015 23:58
    Last Modified: 05 Sep 2015 23:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17977

    Actions (login required)

    View Item