UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMUKUL DAN LEMPAR TANGKAP BOLA PADA PERMAINAN KASTI MELALUI METODE PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 PETUNG JATIYOSO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2014/2015

UTOMO, WAWAN SABDO (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMUKUL DAN LEMPAR TANGKAP BOLA PADA PERMAINAN KASTI MELALUI METODE PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 PETUNG JATIYOSO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (616Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas upaya peningkatan hasil belajar memukul dan lempar tangkap bola pada permainan kasti melalui metode pembelajaran TGT (Team games tournament) pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Petung Jatiyoso Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Petung Jatiyoso Kabupaten karanganyar tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 16 siswa putra dan 12 siswa putri. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Data penelitian ini diperoleh melalui pengamatan oleh peneliti dan kolaborator selama proses pembelajaran berlangsung. Data tersebut merupakan hasil belajar siswa dalam memukul dan lempar tangkap bola yang diperoleh melalui lembar observasi yang meliputi ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis secara deskriptif komparatif dengan menggunakan teknik prosentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: 1) upaya peningkatan melalui metode pembelajaran TGT (team games tournament) dapat meningkatkan hasil belajar memukul dan lempar tangkap bola permainan kasti pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Petung Jatiyoso Kabupaten Karanganyar, dimana hasil belajar pada prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan yang signifikan bahwa siswa yang tuntas pada prasiklus adalah 5 siswa atau 17,85% kemudian pada siklus I meningkat dalam kategori tuntas adalah 20 siswa atau 71,42% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 25 siswa atau 89,28%. 2) Sebagian besar siswa setuju dengan penerapan metode pembelajaran TGT (team games tournament). Simpulan penelitian ini adalah metode pembelajaran team games tournament dapat meningkatkan hasil belajar memukul dan lempar tangkap bola pada permainan kasti pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Petung Jatiyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015. Kata kunci : hasil belajar memukul dan lempar tangkap, metode pembelajaran TGT (team games tournament)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 05 Sep 2015 21:09
    Last Modified: 05 Sep 2015 21:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17954

    Actions (login required)

    View Item