PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA FILM DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KESADARAN SEJARAH (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XII IPS SMA Negeri 4 Sidoarjo)

WARSINI, (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA FILM DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KESADARAN SEJARAH (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XII IPS SMA Negeri 4 Sidoarjo). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (507Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk : 1) mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning (PBL) dengan menggunakan media film dokumenter sejarah sesuai dengan materi pembelajaran , 2) untuk meningkatkan prestasi belajar dan kesadaran sejarah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 4 sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan partisipasi antara guru dan observer (pengamat). Penelitian dilaksanakan di kelas XII IPS-3. Dalam kegiatan proses belajar mengajar meluputi kegiatan guru, krestivitas dan aktivitas siswa serta hasil belajar. Data dalam penelitian ini diperoleh dari pengamatan kegiatan pembelajaran, informan (guru, siswa, kepala sekolah), dokumen dan foto kegiatan pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tahapan, planning, acting, observing dan treflecting. Untuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Sejarah di SMA Negeri 4 Sidoarjo adalah 80, dengan prosentase ketuntasan klasikal adalah 75%. Sedangkan prosentase ketuntasan klasikal minimal untuk sikap kesadaran sejarah 80%. Setelah diberi tindakan selama tiga siklus hasil penelitian meninjukkan adanya peningkatan yang dicapai siswa baik dalam hasil belajar maupun dalam sikap dan kesadaran sejarah.Hasil belajar yang dicapai siswa pada pra siklus dengan rata-rata 61,29, pada siklus I meningkat menjadi 68,08, pada siklus II meningkat menjadi 80,80 dan siklus III rata-rata yang dicapai adalah 85,80 dengan prosentase ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 19,35% siklus II meningkat 67,75% dan pada siklus III meningkat menjadi 83,87% sedangkan untuk kesadaran sejarah pada prasiklus rata-rata 64,67 (Rendah), pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 76,61 (Sedang), pada siklus II meningkat lagi 107,96 (Sedang) dan pada siklus III menjadi 110,58 (Tinggi) Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pembelajaran Sejarah, Kesadaran Sejarah

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 05 Sep 2015 21:05
    Last Modified: 05 Sep 2015 21:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17953

    Actions (login required)

    View Item