PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI MELALUI METODE RESITASI DAN EKSPERIMEN MENGGUNAKAN PORTOFOLIO DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA ( Studi Pelaksanaan Pembelajaran Pada Materi Medan Magnet Kelas XII IPA Semester Ganjil SMAN 2 Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015)

SUYONO, (2015) PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI MELALUI METODE RESITASI DAN EKSPERIMEN MENGGUNAKAN PORTOFOLIO DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA ( Studi Pelaksanaan Pembelajaran Pada Materi Medan Magnet Kelas XII IPA Semester Ganjil SMAN 2 Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (384Kb) | Preview

    Abstract

    `Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan inkuiri melalui metode resitasi dan eksperimen menggunakan portofolio, kreativitas, kemampuan berpikir kritis serta interaksi-interaksinya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XII IPA Semester Ganjil SMA N 2 Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan metode tes untuk pengetahuan, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, sedangkan untuk sikap dan keterampilan menggunakan pengamatan dan portofolio saat kegiatan pembelajaran di kelas. Teknik analisis data menggunakan anava 2x2x2. Berdasarkan analisis, diperoleh: (1) ada pengaruh antara pendekatan inkuiri melalui metode resitasi dan eksperimen terhadap pengetahuan dan keterampilan, sedangkan untuk sikap tidak ada pengaruh; (2) tidak ada pengaruh antara kreativitas tinggi dan rendah terhadap pengetahuan dan sikap, sedangkan pada keterampilan ada pengaruh antara kreativitas tinggi dan rendah; (3) ada pengaruh antara kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah terhadap pengetahuan, sikap dan keterampilan; (4) tidak ada interaksi antara pendekatan inkuiri melalui metode resitasi dan eksperimen dengan kreativitas terhadap pengetahuan, sikap dan keterampilan; (5) tidak ada interaksi antara pendekatan inkuiri melalui metode resitasi dan eksperimen dengan kemampuan berpikir kritis terhadap pengetahuan, sikap dan keterampilan; (6) ada interaksi antara kreativitas dan kemampuan berpikir kritis terhadap pengetahuan, sedangkan pada sikap dan keterampilan tidak ada interaksi; (7) tidak ada interaksi antara pendekatan inkuiri melalui metode resitasi dan eksperimen dengan kreativitas, kemampuan berpikir kritis terhadap pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kata Kunci : Pendekatan inkuiri, resitasi, eksperimen, kreativitas, kemampuan berpikir kritis.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 05 Sep 2015 17:03
    Last Modified: 05 Sep 2015 17:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17932

    Actions (login required)

    View Item