PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK KOMIK MATA DIKLAT MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP BISNIS (MPPB) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PM 3 SMK NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NAFI’AH, SHINTA DEWI NUR (2015) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK KOMIK MATA DIKLAT MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP BISNIS (MPPB) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PM 3 SMK NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (468Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Memahami Prinsip-Prinsip Bisnis (MPPB) di kelas X PM 3 SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014 melalui penggunaan media pembelajaran dalam bentuk komik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X PM 3 SMK Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 34 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan (a) observasi, (b) wawancara, (c) dokumentasi dan (d)tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komperatif, deskriptif kualitatif dan teknik analisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan media pembelajaran dalam bentuk komik dapat meningkatkan hasil belajar mata diklat Memahami Prinsip-Prinsip Bisnis (MPPB). Hasil belajar pada pra siklus nilai rata-rata kelas 72,85 persentase ketuntasan 55,88% atau 19 siswa mendapat nilai tuntas, siklus I rata-rata kelas sebesar 81,82 persentase ketuntasan sebesar 76,47% atau 26 siswa yang mendapat nilai tuntas, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata kelas menjadi 87,59 persentase ketuntasan sebesar 91,18% atau 31 siswa mendapat nilai tuntas. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran dalam bentuk komik mata diklat Memahami Prinsip-Prinsip Bisnis (MPPB) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X PM 3 SMK Negeri 1 Sukoharjokarena dengan media pembelajaran dalam bentuk komik siswa dapat belajar aktif, menyenangkan dan akan menggali kemampuan siswa melalui membaca serta memahami materi pelajaran. Kata kunci: media pembelajaran, media komik,hasil belajar.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 06 Sep 2015 16:15
    Last Modified: 06 Sep 2015 16:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17913

    Actions (login required)

    View Item