ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF KELOMPOK KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA

Setyowati, (2015) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF KELOMPOK KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (454Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk: (A) Mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran produktif kelompok keahlian akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Surakarta. (B) Mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh guru dan upaya guru dalam mengatasi kendala-kendala tersebut dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif dengan sumber data berasal dari narasumber, dokumen serta tempat dan peristiwa. Teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi metode dengan analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Prosedur penelitian dimulai dari tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan, tahap analisis data dan tahap penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (A) Kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 kurang baik. Dilihat dari tiga aspek, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. (1) Guru melaksanakan perencanaan pembelajaran dengan cukup baik, hal tersebut dilihat dari tiga indikator. Pertama, pemahaman wawasan atau landasan kependidikan guru kurang baik; Kedua, pengembangan kurikulum, guru telah mengembangkan silabus cukup baik sesuai dengan kemampuan peserta didik; dan Ketiga, perancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan baik sesuai dengan format yang telah ditetapkan. (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru melaksanakan pembelajaran kurang baik, dilihat dari tiga indikator. Pertama, pemahaman terhadap peserta didik yang masih kurang baik; Kedua, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis yang masih kurang baik; dan Ketiga, pemanfaatan teknologi pembelajaran guru baik. (3) Evaluasi pembelajaran guru cukup baik, dilihat dari dua indikator. Pertama, evaluasi hasil belajar kurang baik; dan Kedua, pengembangan peserta didik untuk meng¬aktualisasi¬kan berbagai potensi yang dimilikinya telah baik. (B) Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 dilihat dari tiga aspek, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. (1) Kendala dalam perencanaan adalah a) guru hanya memahami kurikulum 2013 sebatas pada kurikulum berbasis kompetensi dan karakter; b) belum adanya silabus resmi yang dikeluar¬kan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; c) terdapat satu mata pelajaran yang belum memiliki silabus; d) struktur kurikulum yang berubah-ubah; e) pelatihan guru mata pelajaran produktif belum ada; f) belum adanya buku pedoman bagi guru; dan g) guru belum memahami metode yang tepat untuk diterapkan saat mengajar. (2) Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran adalah a) guru mengalami kesulitan dalam penerapan kurikulum 2013 dikarenakan belum lengkapnya dokumen dari pemerintah; b) terdapatnya ketimpalan mata pelajaran dalam struktur kurikulum. (3) Kendala yang dihadapi guru dalam evaluasi pem¬belajaran adalah guru mengalami kesulitan dalam penilaian kurikulum 2013 dikarenakan format penilaian yang rumit. Upaya yang dilakukan guru mata pelajaran produktif akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta dalam mengatasi kendala dalam pelaksanaan kurikulum 2013 sebagai berikut: menyesuaikan tingkat pemahaman peserta didik dengan materi yang disampaikan, melakukan koordinasi dengan guru sekolah lain terkait dengan struktur kurikulum yang belum jelas, melakukan diskusi dengan guru mata pelajaran lain yang saling berkaitan, guru aktif mencari informasi mengenai kurikulum 2013 di internet dan media lainnya, dan membuat modul/buku pegangan sendiri berupa hand-out. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa secara umum kompetensi pedagogik guru mata pelajaran produktif akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta kurang baik karena adanya beberapa kendala yang akan terus diatasi agar implementasi kurikulum 2013 menjadi lebih baik. Kata kunci: guru, kompetensi pedagogik, kurikulum 2013

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 05 Sep 2015 12:42
    Last Modified: 05 Sep 2015 12:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17900

    Actions (login required)

    View Item