KAJIAN NILAI-NILAI BIMBINGAN PERAN TOKOH SEMAR DALAM WAYANG PURWA UNTUK KEPERLUAN PEMBIMBINGAN PESERTA DIDIK SMP

Wibowo, Sekar Restika (2015) KAJIAN NILAI-NILAI BIMBINGAN PERAN TOKOH SEMAR DALAM WAYANG PURWA UNTUK KEPERLUAN PEMBIMBINGAN PESERTA DIDIK SMP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (279Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan nilai-nilai bimbingan yang terdapat pada peran tokoh Semar dalam wayang purwa, (2) mendeskripsikan kesesuaian nilai-nilai bimbingan pada peran tokoh Semar untuk pembimbingan peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tipe riset yang digunakan adalah analisis naratif (semiotika). Penelitian ini mengkaji peran tokoh Semar karena peran Semar membimbing satria dalam wayang purwa identik dengan peran guru pembimbing dalam membimbing peserta didik. Sumber data berasal dari informan, serat lampahan pedhalangan, dan dokumen kaset cerita wayang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menemukan bahwa peran Semar dalam wayang purwa mengandung unsur nilai-nilai bimbingan yang meliputi: (1) memberikan bantuan, (2) memberikan dorongan dan semangat individu ke arah optimalisasi diri, (3) dalam pemberian bimbingan tidak memaksa, (4) pemberian bimbingan diperuntukkan bagi semua orang, (5) memberikan tuntunan, (6) pembimbingan dilakukan kontinu dan terarah kepada tujuan, (7) berupaya mengembangkan keberanian bertindak dan bertanggungjawab, (8) mendorong individu menjadi mandiri, (9) membantu individu mengatasi persoalan, (10) mengarahkan individu kepada jalan keluar yang lebih baik. Selanjutnya, ditemukan pula kesesuaian nilainilai bimbingan pada peran tokoh Semar untuk pembimbingan peserta didik SMP. Dalam menjalankan perannya mengasuh satria, Semar memenuhi unsur nilai-nilai yang hendaknya dimiliki oleh pembimbing dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling. Sebagai pamong, Semar melaksanakan peran membimbing yang bersifat fasilitatif, konstruktif, dan solutif. Guru pembimbing dapat meneladani nilai-nilai bimbingan peran Semar untuk diterapkan dalam menjalankan peran sebagai konselor di sekolah. Kata kunci: nilai-nilai bimbingan, peran tokoh Semar, pembimbingan peserta didik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 04 Sep 2015 22:02
    Last Modified: 04 Sep 2015 22:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17899

    Actions (login required)

    View Item