KONTRIBUSI INTENSITAS INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GROGOL TAHUN AJARAN 2014/2015

SARNIYANTI, (2015) KONTRIBUSI INTENSITAS INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GROGOL TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (579Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Grogol, (2) intensitas interaksi sosial dengan teman sebaya siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Grogol, (3) kontribusi intensitas interaksi sosial dengan teman sebaya terhadap tingkat kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Grogol. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Grogol sebanyak 320 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik kuota random sampling dan mengacu pada tabel Krectjie sebagai penentuan jumlah sampel, jumlah sampel penelitian sebanyak 176 siswa yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan adalah angket tentang kepercayaan diri dan intensitas interaksi sosial dengan teman sebaya. Uji validitas konstruk dilakukan melalui professional judgement, dengan cara mengkonsultasikan kisi- kisi angket kepada dosen pembimbing. Uji validitas empiris dilakukan dengan mengujicobakan angket kepada responden, lalu dilakukan skoring dan analisis menggunakan rumus product moment. Uji hipotesis pertama dan kedua menggunakan one tail test uji fihak kiri dan uji hipotesis ketiga untuk menguji kontribusi intensitas interaksi sosial dengan teman sebaya terhadap tingkat kepercayaan diri menggunakan regresi sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) tingkat kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Grogol tergolong sedang, (2) intensitas interaksi sosial dengan teman sebaya siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Grogol tergolong sedang, (3) intensitas interaksi sosial dengan teman sebaya siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Grogol berkontribusi sebesar 29,1% terhadap tingkat kepercayaan dirinya. Kata Kunci : kepercayaan diri, intensitas interaksi sosial, teman sebaya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 04 Sep 2015 21:49
    Last Modified: 04 Sep 2015 21:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17896

    Actions (login required)

    View Item