EFEKTIVITAS PROGRAM TATA BOGA MELALUI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-Mpd) (Studi Kasus Di Desa Kepoh Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali)

Adhiyatmoko, Setiawan (2015) EFEKTIVITAS PROGRAM TATA BOGA MELALUI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-Mpd) (Studi Kasus Di Desa Kepoh Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali). Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (630Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang Efektivitas Program Tata Boga Melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (Pnpm-Mpd) Studi Kasus di Desa Kepoh Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali yang didasarkan pada 5 kriteria keberhasilan program yang dikemukakan oleh Nakamura dan Smallwood yaitu pencapaian tujuan, efisiensi, kepuasan kelompok sasaran, daya tanggap klien, dan sistem pemeliharaan. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif dimana komponen reduksi data dan penyajian data dilakukan secara bersamaan dengan pengumpulan data dan selanjutnya ketiga komponen tersebut akan berinteraksi untuk ditarik suatu kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Pada kriteria pencapaian tujuan, Program Tata Boga Desa Kepoh belum efektif karena kemandirian perempuan belum tercapai dan keberadaan program tata boga sampai saat ini belum mampu meningkatkan pendapatan perempuan. 2) Dari segi efisiensi, Program Tata Boga Desa Kepoh sudah bisa dikatakan efektif karena dalam hal efisiensi biaya dan jumlah produksi sudah memenuhi target yang direncanakan. 3) Dari segi Kepuasan Kelompok Sasaran, program Tata Boga Desa Kepoh sudah bisa dikatakan efektif karena keinginan para anggota sudah terpenuhi dengan baik dan dalam hal jaminan bisa dikesampingkan karena mereka hanya mengutamakan kepercayaan diantara para anggota dan pengelola. 4) Dari segi Daya Tanggap Klien, program Tata Boga Desa Kepoh juga sudah bisa dikatakan efektif karena tanggungjawab dari anggota maupun pengelola untuk program tata boga ini sudah cukup baik, dan penilaian sikap anggota juga positif. 5) Pada Kriteria Sistem Pemeliharaan, sudah terpenuhi karena Program Tata Boga Desa Kepoh terpelihara cukup baik dengan asumsi bahwa program Tata Boga Desa Kepoh masih terus berjalan dengan jumlah anggota yang masih bertahan. Berdasarkan analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa Pemberdayaan Perempuan dalam program Tata Boga di Desa Kepoh Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali cukup efektif untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 05 Sep 2015 14:01
    Last Modified: 05 Sep 2015 14:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17892

    Actions (login required)

    View Item