PERBEDAAN TINGKAT STRES MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UNS ANGKATAN 2013 BERDASARKAN FREKUENSI DAN DURASI MEMBACA AL-QUR’AN TINGGI DAN RENDAH

AZ-ZAHRA, RIZQY QURROTA A’YUN (2015) PERBEDAAN TINGKAT STRES MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UNS ANGKATAN 2013 BERDASARKAN FREKUENSI DAN DURASI MEMBACA AL-QUR’AN TINGGI DAN RENDAH. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1458Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang: Mahasiswa kedokteran merupakan salah satu subjek yang rentan terhadap berbagai stresor yang ada. Membaca Al-Qur’an memiliki efek terapi menurunkan tingkat stres seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat stres Mahasiswa Program Studi Kedokteran UNS angkatan 2013 berdasarkan frekuensi dan durasi membaca Al-Qur’an. Metode Penelitian: Penelitian menggunakan desain cross sectional dengan sampel berjumlah 123 Mahasiswa Muslim Program Studi Kedokteran UNS angkatan 2013. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner rekuensi dan durasi membaca Al-Qur’an dan kuesioner Depression Anxiety and Stress Scale (DASS) 42. Analisis data menggunakan program SPSS 20.0 for Windows dengan uji t tidak berpasangan dan uji Mann Whitney. Hasil Penelitian: Didapatkan ada perbedaan signifikan (p = 0.011) antara frekuensi membaca Al-Qur’an dengan tingkat stres. Didapatkan juga bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara durasi membaca Al-Qur’an dengan tingkat stress (p = 0.834). Simpulan Penelitian: Terdapat perbedaan antara tingkat stres Mahasiswa Program Studi Kedokteran UNS angkatan 2013 berdasarkan frekuensi membaca Al-Qur’an. Namun, tidak terdapat perbedaan tingkat stres Mahasiswa Program Studi Kedokteran UNS angkatan 2013 berdasarkan durasi membaca Al-Qur’an. Perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan mengendalikan variabel luar yang dapat memengaruhi tingkat stres. Kata kunci: tingkat stres, frekuensi, durasi, Al-Qur’an, mahasiswa kedokteran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
    R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 04 Sep 2015 20:45
    Last Modified: 04 Sep 2015 20:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17884

    Actions (login required)

    View Item