UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL MELALUI PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADSTOGETHER (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIIA SMP Muhammadiyah 04 Sambi BoyolaliTahun Ajaran 2013/ 2014)

ARLINDA, IRAWATI (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL MELALUI PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADSTOGETHER (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIIA SMP Muhammadiyah 04 Sambi BoyolaliTahun Ajaran 2013/ 2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (412Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together), kemandirian belajar siswa dan ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VIIA SMP Muhammadiyah 04 Sambi Boyolali tahun pelajaran 2013/ 2014 dapat ditingkatkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru mata pelajaran matematika kelas VIIA serta dalam setiap pertemuannya dibantu oleh tiga pengamat. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 04 Sambi Boyolali yang terdiri dari 32 siswa dengan kemampuan yang heterogen. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi dan tes kuis di setiap pertemuan. Pembelajaran dengan model kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together)meliputi pemberian nomor (numbering), pemberian pertanyaan (questioning), diskusi (heads together), menentukan nomor tertentu untuk presentasi, presentasi dan pembahasan (answering), penarikan kesimpulan, mengerjakan soal kuis, penugasan serta persiapan materi berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator kemandirian belajar(1) kegiatan siswa dalam mengajukan pertanyaan kepada guru atau teman prasiklus 9.375%, siklus I 71.875% dan siklus II 71.875%(2) mengikuti pembelajaran dengan antusias prasiklus 31.25%, siklus I 65.625% dan siklus II 78.125% (3) menjawab pertanyaan guru atau teman prasiklus 21.875%, siklus I 59.375% dan siklus II 71.875% (4) mengerjakan soal kuis dengan mandiri prasiklus 21.875%, siklus I 53.125% dan siklus II 71.875%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa prasiklus sebanyak 3.125%, siklus I 50% dan siklus II 62.5%. Siklus dihentikan di siklus II karena indikator keberhasilan penelitian sudah tercapai. Dari data tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa dan ketuntasan belajar siswa dalam pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VIIA SMP Muhammadiyah 04 Sambi Boyolali. Kata kunci : NHT (Numbered Heads Together), kemandirian belajar, ketuntasan belajar siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 04 Sep 2015 19:40
    Last Modified: 04 Sep 2015 19:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17874

    Actions (login required)

    View Item