PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA TUNARUNGU KELAS V SLB B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Putri, Galuh Anjani (2015) PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA TUNARUNGU KELAS V SLB B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (355Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui pengaruh pendekatan scientific terhadap peningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa tunarungu kelas V SLB B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2014/ 2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah delapan orang siswa kelas V SLB B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2014/ 2015. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kuantitatif dengan teknik non parametrik yaitu analisis tes rangking bertanda (Wilcoxon Sign Rank Test) dan analisis kualitatif. Nilai tes siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan pada nilai postest siswa. Pada saat pretest sebelum treatment nilai rata-rata siswa adalah 56.75, namun setelah diadakan treatment nilai rata-rata postest siswa naik secara signifikan menjadi 79.75. Signifikan atau probabilitas Z hitung hasil test statistik dengan menggunakan program olah data SPSS versi 22 adalah 0.012 berada di bawah 0.05. Nilai probabilitas Z hitung dari Uji Ranking Bertanda Wilcoxon lebih kecil daripada probabilitas kesalahan 5% ( = 0.05), dan dari hasil analisis kuantitatif diperoleh rata-rata pretest 56.75, dan postest 79.75. Sedangkan pada hasil observasi diperoleh rata-rata kinerja masing-masing siswa adalah baik dan tidak ada yang mendapat nilai di bawah rata-rata. Maka, dapat ditarik kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Pendekatan Scientific berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa tunarungu kelas V SLB B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2014/ 2015. Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Anak Tunarungu

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LC Special aspects of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 05 Sep 2015 21:32
    Last Modified: 05 Sep 2015 21:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17871

    Actions (login required)

    View Item