KEEFEKTIFAN TEKNIK DISKUSI MODEL TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT Penelitian Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015)

Pangesti Ningsih, Faluki (2015) KEEFEKTIFAN TEKNIK DISKUSI MODEL TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT Penelitian Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (591Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan teknik diskusi model time token untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Quasi Experimental Non Equivalent Control Group Design, yaitu penelitian dengan menggunakan dua kelompok yang masing-masing bertindak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan pemberian pretest pada kedua kelompok, pemberian perlakuan pada kelompok eksperimen, dan diakhiri dengan pemberian posttest pada kedua kelompok sehingga dapat dibandingkan hasil dari kedua kelompok. Perlakuan berupa pemberian teknik diskusi model time token yang dilakukan tiga kali pertemuan. Teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS 16 dengan uji nonparametrik Mann Whitney dan Wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan bahwa teknik diskusi model time token efektif menungkatkan kemampuan mengemukakan pendapat. Hal ini terbukti dari nilai asymp sig sebesar 0,000>0,05. Sehingga hipotesis diterima Dengan demikian kesimpulan dari penelian ini adalah teknik diskusi model time token efektif untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015 Kata kunci : teknik diskusi, time token , kemampuan mengemukakan pendapat

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 04 Sep 2015 17:02
    Last Modified: 04 Sep 2015 17:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17864

    Actions (login required)

    View Item