SURVEI TENTANG PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SMP SASARAN SEKABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2013/2014.

WULANDARI, RETNO (2015) SURVEI TENTANG PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SMP SASARAN SEKABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (356Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran penjasorkes di SMP sasaran se-Kabupaten Klaten tahun ajaran 2013/2014. (2) Kendala yang terjadi dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran penjasorkes di SMP sasaran se-Kabupaten Klaten tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei. Subyek penelitian ini adalah guru penjasorkes di SMP sasaran Kurikulum 2013 se-Kabupaten Klaten yang berjumlah 6 orang dan peserta didik di SMP sasaran Kurikulum 2013 se-Kabupaten Klaten yang berjumlah 175 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan uji validitas dan reliabilitas dan persentase untuk mengetahui seberapa besar jawaban pada setiap soal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Indikator berkaitan dengan Standar Kompetensi Lulusan di Sekolah Menengah Pertama Sasaran Kurikulum 2013 se-Kabupaten Klaten tergolong baik dengan jumlah 14 atau persentase 78% pada jawaban b berdasarkan penilaian dari guru Penjasorkes. (2) Indikator berkaitan dengan Standar Isi di Sekolah Menengah Pertama Sasaran Kurikulum 2013 se-Kabupaten Klaten tergolong baik dengan jumlah 32 atau persentase 59% berdasarkan penilaian dari guru Penjasorkes dan dengan jumlah 200 atau persentase 57% berdasarkan penilaian dari peserta didik pada jawaban b. (3) Indikator berkaitan dengan Standar Proses di Sekolah Menengah Petama Sasaran Kurikulum 2013 se-Kabupaten Klaten tergolong sangat baik dengan jumlah 56 atau persentase 49% berdasarkan penilaian dari guru pada jawaban b dan tergolong baik dengan jumlah 493 atau persentase 40% berdasarkan penilaian dari peserta didik pada jawaban b. (4) Indikator berkaitan dengan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Sekolah Menengah Pertama Sasaran Kurikulum 2013 se-Kabupaten Klaten tergolong baik dengan jumlah 11 atau persentase 61% berdasarkan penilaian dari guru Penjasorkes dan dengan jumlah 518 atau persentase 49% berdasarkan penilaian dari peserta didik pada jawaban b. (5) Indikator berkaitan dengan Standar Sarana dan Prasarana di Sekolah Menengah Pertama Sasaran Kurikulum 2013 se-Kabupaten Klaten tergolong sangat baik dengan jumlah 12 atau persentase 40% berdasarkan penilaian dari guru pada jawaban b dan tergolong baik dengan jumlah 213 atau persentase 61% berdasarkan penilaian dari peserta didik pada jawaban b. (6) Indikator berkaitan dengan Standar Pengelolaan di Sekolah Menengah Pertama Sasaran Kurikulum 2013 se-Kabupaten Klaten tergolong baik dengan jumlah 13 atau persentase 72% berdasarkan penilaian dari guru Penjasorkes dan dengan jumlah 429 atau persentase 61% beradasarkan penilaian dari peserta didik pada jawaban b. (7)Indikator berkaitan dengan Standar Pembiayaan di Sekolah Menengah Pertama Sasaran Kurikulum 2013 se-Kabupaten Klaten tergolong baik dengan jumlah 8 atau persentase 44% berdasarkan penilaian dari guru Penjasorkes dan tergolong sangat baik dengan jumlah 67 atau persentase 39% berdasarkan penilaian dari peserta didik pada jawaban b. (8) Indikator berkaitan dengan Standar Penilaian Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Sasaran Kurikulum 2013 se-Kabupaten Klaten tergolong baik dengan jumlah 19 atau persentase 64% berdasarkan penilaian dari guru Penjasorkes dan dengan jumlah 308 atau persentase 59% berdasarkan penilaian dari peserta didik pada jawaban b. Kata kunci : Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, Standar Penilaian Pendidikan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 04 Sep 2015 16:43
    Last Modified: 04 Sep 2015 16:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17863

    Actions (login required)

    View Item