KEEFEKTIFAN PELAKSANAAN UJIAN SEMESTER GASAL DENGAN SISTIM BERGILIR KELAS XI JURUSAN OTOMOTIF SMK YAYASAN PENDIDIKAN (YP) DELANGGU

Pratamawati, Lucyana (2015) KEEFEKTIFAN PELAKSANAAN UJIAN SEMESTER GASAL DENGAN SISTIM BERGILIR KELAS XI JURUSAN OTOMOTIF SMK YAYASAN PENDIDIKAN (YP) DELANGGU. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (339Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Lucyana Pratamawati. KEEFEKTIFAN PELAKSANAAN UJIAN SEMESTER GASAL DENGAN SISTIM BERGILIR KELAS XI JURUSAN OTOMOTIF SMK YAYASAN PENDIDIKAN (YP) DELANGGU. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2014. Tujuan penelitian untuk memperoleh gambaran tentang (1) keefektifan ujian semester gasal dengan sistim bergilir pada aspek persiapan, (2) keefektifan ujian semester gasal dengan sistim bergilir pada aspek pelaksanaan, (3) keefektifan ujian semester gasal dengan sistim bergilir pada aspek penilaian siswa, (4) motivasi belajar siswa dalam mengikuti ujian semester gasal dengan sistim bergilir, (5) prestasi belajar siswa pada ujian semester gasal dengan sistim bergilir mata pelajaran teknik kejuruan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Yayasan Pendidikan (YP) Delanggu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah 113 siswa yang berasal dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling, sedangkan untuk menentukan besar sampel dengan Nomogram Harry King.Teknik Pengumpulan data variabel keefektifan ujian semester gasal pada aspek persiapan, pelaksanaan dan penilaian siswa serta variabel motivasi belajar siswa dalam ujian semester gasal dengan sistim bergilir menggunakan teknik angket dan wawancara. Sedangkan pada variabel prestasi belajar siswa menggunakan teknik dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi product moment dari Pearson sedangkan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Hasil penelitian menemukan bahwa; (1) keefektifan ujian semester gasal dengan sistim bergilir pada aspek persiapan tergolong baik, (2) keefektifan ujian semester gasal dengan sistim bergilir pada aspek pelaksanaan tergolong baik, (3) keefektifan ujian semester gasal dengan sistim bergilir pada aspek penilaian siswa tergolong baik, (4) motivasi belajar siswa dalam mengikuti ujian semester gasal dengan sistim bergilir tergolong tinggi. (5) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran teknik kejuruan kelas XI tergolong baik. Kata Kunci: ujian sistim bergilir, motivasi belajar, prestasi belajar

    Item Type: Other
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Nadia Nur Fitriani
    Date Deposited: 04 Sep 2015 16:21
    Last Modified: 04 Sep 2015 16:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17857

    Actions (login required)

    View Item