EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DAN LEARNING CYCLE 5E (LC 5E) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA SMP KELAS VIII DI KABUPATEN WONOSOBO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014/2015

MAHMUDATI, RINA (2015) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DAN LEARNING CYCLE 5E (LC 5E) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA SMP KELAS VIII DI KABUPATEN WONOSOBO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (660Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran TPS, LC 5E, atau klasikal dengan pendekatan saintifik; 2) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan tipe kepribadian sanguinis, melankolis, koleris, atau plegmatis; 3) pada masing-masing model pembelajaran (TPS, LC 5E, dan klasikal dengan pendekatan saintifik) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada tipe kepribadian siswa sanguinis, melankolis, koleris, atau plegmatis; 4) pada masing-masing tipe kepribadian (sanguinis, melankolis, koleris, dan plegmatis) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik pada model pembelajaran TPS, LC 5E, atau klasikal dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kabupaten Wonosobo tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Kertek, SMPN 1 Sapuran, SMPN 1 Selomerto yang diambil secara stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika, instrumen angket tipe kepribadian siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava dua jalan dengan sel tak sama. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa: 1) Prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran TPS dan siswa yang dikenai model pembelajaran Learning Cycle 5E mempunyai prestasi belajar yang sama baik, prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Think–Pair-Share dan siswa yang dikenai model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik mempunyai prestasi belajar yang sama baik, dan prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih baik daripada prestasi siswa yang dikenai model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik, 2) Prestasi belajar siswa dengan tipe kepribadian sanguinis lebih baik daripada prestasi belajar siswa dengan tipe kepribadian melankolis, siswa dengan tipe kepribadian sanguinis dan tipe koleris mempunyai prestasi belajar yang sama baik, siswa dengan tipe kepribadian sanguinis dan tipe plegmatis mempunyai prestasi belajar yang sama baik, prestasi belajar siswa dengan tipe kepribadian koleris lebih baik daripada prestasi belajar siswa dengan tipe kepribadian melankolis, siswa dengan tipe kepribadian melankolis dan tipe plegmatis mempunyai prestasi belajar yang sama baik, dan siswa dengan tipe kepribadian koleris dan tipe plegmatis mempunyai prestasi belajar yang sama baik, 3) Pada masing-masing jenis tipe kepribadian siswa menunjukkan bahwa siswa yang dikenai model pembelajaran Think–Pair-Share dan siswa yang dikenai model pembelajaran Learning Cycle 5E mempunyai prestasi belajar yang sama baik, siswa yang dikenai model pembelajaran Think–Pair-Share dan siswa yang dikenai model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik mempunyai prestasi belajar yang sama baik, prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih baik daripada prestasi siswa yang dikenai model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik, 4) Pada tiap-tiap jenis model pembelajaran menunjukkan bahwa prestasi siswa dengan tipe kepribadian sanguinis lebih baik daripada prestasi belajar siswa dengan tipe kepribadian melankolis, siswa dengan tipe kepribadian sanguinis dan tipe koleris mempunyai prestasi belajar yang sama baik, siswa dengan tipe kepribadian sanguinis dan tipe plegmatis mempunyai prestasi belajar yang sama baik, prestasi belajar siswa dengan tipe kepribadian koleris lebih baik daripada prestasi belajar siswa dengan tipe kepribadian melankolis, siswa dengan tipe kepribadian melankolis dan tipe plegmatis mempunyai prestasi belajar yang sama baik, siswa dengan tipe kepribadian koleris dan tipe plegmatis mempunyai prestasi belajar yang sama baik. Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Think–Pair-Share, Klasikal dengan Pendekatan Saintifik, Tipe Kepribadian,

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 04 Sep 2015 16:13
    Last Modified: 04 Sep 2015 16:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17856

    Actions (login required)

    View Item