HUBUNGAN ANTARA DISTRES DAN PUSAT KENDALI EKSTERNAL DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA

Nurani, Putri (2015) HUBUNGAN ANTARA DISTRES DAN PUSAT KENDALI EKSTERNAL DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (134Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF - Published Version
    Download (456Kb) | Preview

      Abstract

      Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara distres dan pusat kendali eksternal dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Program Studi Psikologi Angkatan 2012 Fakultas Kedokteran UNS Surakarta, mengetahui hubungan antara distres dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Program Studi Psikologi Angkatan 2012 Fakultas Kedokteran UNS Surakarta, dan mengetahui hubungan antara pusat kendali eksternal dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Program Studi Psikologi Angkatan 2012 Fakultas Kedokteran UNS Surakarta. Responden penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Psikologi angkatan 2012 tahun ajaran 2014/2015 Fakultas Kedokteran UNS Surakarta yang berjumlah 83 orang. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi.Data penelitian dikumpulkan menggunakan 3 skala yang telah diuji validitas melalui professional jugdgement,yaitu skala prokrastinasi akademik, skala distres, dan skala pusat kendali eksternal. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan F hitung = 4,298 dan p = 0,017 (p < 0,05), berarti terdapat hubungan yang signifikan antara distres dan pusat kendali eksternal dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Program Studi Psikologi Angkatan 2012 Fakultas Kedokteran UNS Surakarta. Secara parsial, tidak terdapat hubungan antara distres dengan prokrastinasi akademik (r_x1y= 0,138 ; p = 0,217 > 0,05). Terdapat hubungan antara pusat kendali eksternal dengan prokrastinasi akademik (r_x2y= 0,236 ; p = 0,033 < 0,05). Nilai R² sebesar 0,097, artinya dalam penelitian ini distres dan pusat kendali eksternal secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif sebesar 9,7% terhadap prokrastinasi akademik.

      Item Type: Other
      Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
      R Medicine > RZ Other systems of medicine
      Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
      Depositing User: Users 11034 not found.
      Date Deposited: 04 Sep 2015 14:36
      Last Modified: 04 Sep 2015 14:36
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17838

      Actions (login required)

      View Item