ANALISIS PERENCANAAN PENYALURAN PEMBIAYAAN MIKRO SEBAGAI PRODUK DEBT BASED FINANCING BERBASIS PRUDENTIAL PRINCIPLE (Studi Kasus pada PT Bank Syariah Mandiri Warung Mikro KCP Sukoharjo, Kartasura, Surakarta)

Djamaludin, Khalid Walid (2015) ANALISIS PERENCANAAN PENYALURAN PEMBIAYAAN MIKRO SEBAGAI PRODUK DEBT BASED FINANCING BERBASIS PRUDENTIAL PRINCIPLE (Studi Kasus pada PT Bank Syariah Mandiri Warung Mikro KCP Sukoharjo, Kartasura, Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3398Kb) | Preview

    Abstract

    ANALISIS PERENCANAAN PENYALURAN PEMBIAYAAN MIKRO SEBAGAI PRODUK DEBT BASED FINANCING BERBASIS PRUDENTIAL PRINCIPLE (Studi Kasus pada PT Bank Syariah Mandiri Warung Mikro KCP Sukoharjo, Kartasura, Surakarta) Khalid Walid Djamaludin NIM: F3612046 Dari banyaknya produk perbankan khususnya perbankan syariah, produk pembiayaan merupakan produk yang memiliki urgensi dan selaras dengan tujuan intermediasi sebagai langkah nyata pengembangan sektor UMKM. Mengingat para pelaku usaha perbankan syariah yang paling dominan menggunakan skema murabahah, data menunjukan bahwa skema murabahah sebagai produk debt based financing mencapai 59,71 persen. Perencanaan penyaluran pembiayaan mikro yang berbasis Prudential Principle merupakan prinsip pelaksanaan fungsi manajemen bank yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Mengetahui Perencanaan penyaluran produk pembiayaan mikro sebagai produk Debt Based Financing pada PT Bank Syariah Mandiri Warung Mikro KCP Kartasura yang berbasis Prudential Principle dan (2) Mengetahui mekanisme prinsip kehati-hatian (Prudential Principle) dalam penyaluran pembiayaan khususnya pembiayaan mikro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan metode deskriptif kualitatif. Penulis menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari objek penelitian dan data sekunder yang diperoleh tidak langsung dari pihak lain atau berasal dari studi kepustakaan. Penulis menggunakan data pertumbuhan outstanding pembiayaan mikro selama lima tahun terakhir dan alat analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal Bank Syariah Mandiri Warung Mikro KCP Kartasura. Hasil penelitian adalah (1) perencanaan penyaluran produk pembiayaan mikro dalam kegiatanya harus mengimplementasikan fungsi perencanaan dan melihat fluktuasi pertumbuhan berdasarkan data outstanding pembiayaan mikro dari tahun 2010 - 2014 yang hasilnya, bahwa selama lima tahun terakhir terjadi peningkatan outstanding setiap tahunnya berkisar 40 - 100 persen. Dari hasil analisis SWOT faktor eksternal masih besar persentasenya daripada faktor internalnya, kemudian dihasilkan alternatif strategi utama untuk membantu proses perencanaan, (2) mekanisme prinsip kehati-hatian (Prudential Principle) penyaluran pembiayaan mikro BSM Warung Mikro KCP Kartasura selaras berdasarkan peraturan otoritas perbankan dan pemerintah terkait sehingga terjadi sinkronisasi antara otoritas dan bank. Saran dari penelitian ini adalah tetap memegang prinsip kehati-hatian dan prinsip syariah khususnya dalam penyaluran pembiayaan mikro, peningkatatan kualitas SDI sesuai nilai Islami dan juga manajemennya, khususnya dalam menjalankan fungsi perencanaan yang baik dan selalu meningkatkan hubungan kemitraan dengan nasabah dalam pemberdayaan masyarakat kecil-menengah. Kata Kunci: Prudential Principle, perbankan syariah, UMKM, murabahah, debt based financing, Bank Syariah Mandiri Warung Mikro KCP Kartasura.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 04 Sep 2015 14:08
    Last Modified: 04 Sep 2015 14:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17834

    Actions (login required)

    View Item