UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN PERMAINAN ATLETIK PADA SISWA KELAS XI IPS 5 SMA N 1 TERASKABUPATEN BOY

Sukma, Prima Eka Adi (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN PERMAINAN ATLETIK PADA SISWA KELAS XI IPS 5 SMA N 1 TERASKABUPATEN BOY. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (224Kb) | Preview

    Abstract

    Prima Eka Adi Sukma.UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS XI-IPS 5 SMA N 1 TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/2015,Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.Februari 2015. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi prosedur dan cara hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan bermain pada siswa kelas XI IPS 5 SMA N 1 Teras Boyolali. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 5 SMA N 1 Teras Boyolali yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 23 siswa putri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, dan penilaian kemampuanlompat jauh gaya jongkok.Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II.Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siklus I dari 33 siswa mencapai 60,60 % atau sebanyak 20 siswa sudahmasuk kriteria tuntas dan pada siklus II meningkat mencapai 87,87 % atau sebanyak 29 siswa sedangkan 4 siswa lainnya belum tuntasdengan KKM 75.Pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II menimbulkan terjadinya proses pembelajaran yang aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga dapat mendukung terjadinya suatu pembelajaran yang berkualitas. Simpulan penelitian ini adalah dengan penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkokpadasiswakelasXI IPS 5 SMA N 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015.

    Item Type: Other
    Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Users 11034 not found.
    Date Deposited: 04 Sep 2015 11:48
    Last Modified: 04 Sep 2015 11:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17806

    Actions (login required)

    View Item