PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PERJALANAN BISNIS KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BATUR JAYA 2 CEPER KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ROSDIATI, MAHMUDAH (2015) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PERJALANAN BISNIS KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BATUR JAYA 2 CEPER KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1577Kb) | Preview

    Abstract

    Mahmudah Rosdiati. PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PERJALANAN BISNIS KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BATUR JAYA 2 CEPER KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014, Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran perjalanan bisnis kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Batur Jaya 2 Ceper Klaten tahun pelajaran 2013/2014. (2) mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran perjalanan bisnis kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Batur Jaya 2 Ceper Klaten tahun pelajaran 2013/2014. (3) mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar siswa dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran perjalanan bisnis kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Batur Jaya 2 Ceper Klaten tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Batur Jaya 2 Ceper Klaten tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 43 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh yaitu semua populasi dijadikan sampel karena jumlah populasinya sedikit. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket untuk memperoleh data variabel kedisiplinan belajar siswa dan perhatian orang tua, serta metode dokumentasi untuk memperoleh data variabel prestasi belajar perjalanan bisnis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran perjalanan bisnis kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Batur Jaya 2 Ceper Klaten tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi < 0,05 atau 0,031 <0,05. (2) ada pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran perjalanan bisnis kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Batur Jaya 2 Ceper Klaten tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai siginifikansi < 0,05 atau 0,044 <0,05. (3) ada pengaruh kedisiplinan belajar siswa dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran perjalanan bisnis kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Batur Jaya 2 Ceper Klaten tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikasi untuk Fhitung< 0,05 atau 0,004 <0,05 dengan taraf signifikansi 5%. Temuan lain yang dapat dilaporkan dalam penelitian ini adalah persamaan garis regresi linier ganda Yˆ = 72,603 + 0,101X1 + 0,113X2 dapat dijelaskan bahwa setiap peningkatan atau penuruan kedisiplinan belajar (X1) sebesar 1 unit maka akan diikuti dengan peningkatan atau penurunan prestasi vii belajar (Y) sebesar 0,101. Demikian halnya dengan setiap peningkatan atau penurunan perhatian orang tua (X2) sebesar satu unit, maka akan diikuti dengan peningkatan atau penurunan prestasi belajar (Y) sebesar 0,113. Masing-masing variabel bebas memiliki sumbangan terhadap variabel terikat. Sumbangan relatif kedisiplinan belajar (X1) terhadap prestasi belajar (Y) sebesar 52,9%. Dan sumbangan relatif perhatian orang tua (X2) terhadap prestasi belajar (Y) sebesar 47,1%. Untuk sumbangan efektif kedisiplinan belajar (X1) terhadap prestasi belajar (Y) sebesar 10,7%. Dan sumbangan efektif perhatian orang tua (X2) terhadap prestasi belajar (Y) sebesar 9,5%. Kata kunci: kedisiplinan belajar, perhatian orang tua, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 04 Sep 2015 12:01
    Last Modified: 04 Sep 2015 12:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17801

    Actions (login required)

    View Item