DEVELOPING SUPPLEMENTARY READING MATERIALS FOR THE SEVENTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI IN SURAKARTA BASED ON CURRICULUM 2013

Syaifudin, Makmun (2015) DEVELOPING SUPPLEMENTARY READING MATERIALS FOR THE SEVENTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI IN SURAKARTA BASED ON CURRICULUM 2013. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (112Kb) | Preview

    Abstract

    Makmun Syaifudin. S891302027. “Pengembangan Materi Tambahan Ketrampilan Membaca untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri di Surakarta Berdasarkan Kurikulum 2013”. Pembimbing Pertama: Dra. Dewi Rochsantiningsih, M.Ed, Ph.D. Pembimbing Kedua: Dra. Diah Kristina M.A. Ph.D. Tesis: Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2015. Tujuan penelitian ini adalah (1) menginvestigasi kualitas buku “When English Rings A Bell” untuk mengajar ketrampilan membaca siswa kelas VII SMP, dan (2) mendeskripsikan pengembangan materi tambahan ketrampilan membaca untuk kelas VII SMP Negeri di Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian Riset dan Pengembangan. Ada dua tahapan yang digunakan dalam penelitian ini. Tahap pertama adalah eksplorasi yang terdiri dari studi pustaka, tinjauan lapangan, and analisis kebutuhan. Sedangkan tahap kedua adalah pengembangan produk yang terdiri dari perancangan prototype, validasi ahli dan uji coba produk. Sebelum mengembangkan materi, buku “When English Rings A Bell” (WERB) di evaluasi dengan menggunakan daftar kriteria aspek evaluasi buku yang di usulkan oleh Cunningsworth. Hasil evaluasi buku WERB untuk kelas tujuh didukung oleh hasil dari analisa kebutuhan. Hasil dari analisa kebutuhan menunjukan bahwa WERB mempunyak kekurangan, khususnya untuk mengajar ketrampilan membaca: 1) materi reading dalam WERB sangat terbatas, termasuk ketersediaan text bacaan dan luasnya cakupan kosa kata. 2) kegiatan kegiatanya tidak merefleksikan prosedur dalam pendekatan ilmiah seperti yang disarankan oleh pemerintah, 3) materi yang tersedia tidak mendukung pengembangan indicator kemampuan dalam reading. Dari kelemahan-kelemahan yang sudah disebutkan, guru harus menambah banyak materi ketrampilan membaca dari berbagai sumber di dalam kelas. Di dalam pengembangan model, ada beberapa langkah untuk merancang produk yang valid untuk murid kelas tujuh. Langkah pertama adalah menganalisis kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kurikulum 2013. Kemudian prototipe dikembangkan berdasarkan hasil dari tahap explorasi. Langkah kedua, prototipe di validasi oleh ahli dalam pembelajaran bahasa Inggris dan ahli tampilan buku, Tahap ini dilakukan untuk mendapatkan validitas dari materi ketrampilan membaca berdasarkan kurikulum 2013. Setelah mendapatkan masukan dari kedua ahli tersebut, peneliti merevisi prototipe. Pada langkah ke tiga, prototipe telah di uji cobakan dua kali sehingga menjadi valid. Diharapkan materi tambahan ketrampilan membaca ini dapat membantu guru mengajar berdasarkan pendekatan ilmiah. Ini juga diharapkan mampu memberikan motivasi kepada siswa dalam belajar dan situasi kelas dapat meningkat berkat penggunaan materi tambahan ini. Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Materi Tambahan ketrampilan membaca, Kurikulum 2013, WERB, Kelas tujuh

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    P Language and Literature > PE English
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Inggris - S2
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 04 Sep 2015 11:31
    Last Modified: 04 Sep 2015 11:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17799

    Actions (login required)

    View Item