ANALISIS PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI DAN INFORMASI INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP MARKET VALUE: RELEVANSI NILAI MENGGUNAKAN OHLSON VALUATION MODEL (1995)

Cahyati, Nur (2015) ANALISIS PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI DAN INFORMASI INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP MARKET VALUE: RELEVANSI NILAI MENGGUNAKAN OHLSON VALUATION MODEL (1995). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (680Kb) | Preview

    Abstract

    ANALISIS PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI DAN INFORMASI INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP MARKET VALUE: RELEVANSI NILAI MENGGUNAKAN OHLSON VALUATION MODEL (1995) NUR CHAYATI NIM. F0311088 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji relevansi nilai informasi akuntansi dan informasi intellectual capital. Informasi akuntansi diukur dengan menggunakan nilai buku ekuitas dan earnings per share. Informasi intellectual capital dikur dengan mempertimbangkan empat komponen intellectual capital yaitu human capital, customer capital, innovation capital, dan process capital. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Model Ohlson (1995) untuk menguji relevansi nilai dari informasi akuntansi dan informasi intellectual capital sebagai variabel dilakukan pada seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa informasi akuntansi yang diukur menggunakan nilai buku ekuitas dan earnings per share memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan untuk informasi intellectual capital, hanya informasi human capital yang berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Kata Kunci: Informasi Akuntansi, Informasi Intellectual Capital, Market Value, Ohlson Valuation Model

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 04 Sep 2015 11:33
    Last Modified: 04 Sep 2015 11:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17798

    Actions (login required)

    View Item