PENGUJIAN KARAKTERISTIK PERPINDAHAN PANAS DAN FAKTOR GESEKANPADA PENUKAR KALOR PIPA KONSENTRIKDENGANV- CUTTWISTED TAPE INSERT

Permadi, Prasekky Hanung (2015) PENGUJIAN KARAKTERISTIK PERPINDAHAN PANAS DAN FAKTOR GESEKANPADA PENUKAR KALOR PIPA KONSENTRIKDENGANV- CUTTWISTED TAPE INSERT. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (205Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh V-cut tape depth ratio (de/W) dan V- cut tape width ratio (w/W) terhadap karakteristik perpindahan panas dan faktor gesekan pada penukar kalor pipa konsentrik dengan V-cut twisted tape insert (VTT). Pada penelitian ini, de/W dan w/W divariasi sebesar 0,32; 0,39 dan 0,48. VTT adalah modifikasi dari typical twisted tape insert (TT) dengan memotong tepi tape bagian atas dan bawah berbentuk huruf V secara secara selang- seling dengan variasi dimensi kedalaman dan lebar potongan untuk meningkatkan percampuran fluida di dekat dinding pipa. Sebagaiper bandingan, pada penelitian ini juga diuji penukar kalor tanpa sisipan (plain tube) dan dengan penambahan sisipan TT.Fluida kerja di pipa dalam adalah air panas dan di annulus adalah air dingin, dengan arah aliran berlawanan arah.Pengujian dilakukan pada bilangan Reynolds (Re) 5400- 17.350. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggun akan sisipan VTT, meningkatkan bilangan Nusselt (Nu), faktor gesekan (f) dan unjuk kerja termal () dibandingkan dengan penggunaan TT. Karakteristik perpindahan panas, faktor gesekan dan unjuk kerja termal penukar kalor dengan penggunaan sisipan VTT meningkat dengan kenaikan nilai de/W dan penurunan nilai w/W.

    Item Type: Other
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    T Technology > T Technology (General)
    T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Users 11034 not found.
    Date Deposited: 04 Sep 2015 11:13
    Last Modified: 04 Sep 2015 11:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17791

    Actions (login required)

    View Item