PERBEDAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS POTENSI LOKAL DAN MODEL KONVENSIONAL TERHADAP MISKONSEPSI PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MIA SMA NEGERI 1 PRAYA LOMBOK TENGAH

Palka, Mar'atul Mufydah (2015) PERBEDAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS POTENSI LOKAL DAN MODEL KONVENSIONAL TERHADAP MISKONSEPSI PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MIA SMA NEGERI 1 PRAYA LOMBOK TENGAH. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (875Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbasis potensi lokal dan model konvensional terhadap miskonsepsi siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan posttest-only control group design. Kelas eksperimen menggunakan model konvensional (ceramah disertai pemecahan masalah sederhana) sebagai kontrol dan kelas eksperimen 2 menggunakan model PBL berbasis potensi lokal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Praya Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sample dengan cluster random sampling, yaitu: kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes konseptual dengan bentuk benar-salah beralasan disertai Certainty of Response Index (CRI), lembar observasi, dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan bantuan software SPSS versi 16 pada taraf signifikansi 5%. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inverensial. Hasil penelitian, yaitu: 1)Persentase siswa yang mengalami miskonsepsi pada kelas eksperimen 1 (25%) lebih tinggi dari pada kelas eksperimen 2 (3%); 2)Hasil uji hipotesis menunjukkan sig.<0,05 untuk nilai miskonsepsi siswa. Keputusan hasil menggunakan uji-t menunjukkan H0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa model PBL berbasis potensi lokal berpengaruh terhadap miskonsepsi siswa. Hasil penelitian disimpulkan bahwa model PBL berbasis potensi lokal berpengaruh signifikan terhadap berkurangnya miskonsepsi siswa SMA NEgari 1 Praya Tahun Pelajaran 2013/2014 daripada model konvensional. Kata Kunci: model PBL, potensi lokal, materi ekosistem, miskonsepsi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 04 Sep 2015 11:22
    Last Modified: 04 Sep 2015 11:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17786

    Actions (login required)

    View Item