Modifikasi Radial Piercing Beamport (RPB) Reaktor Kartini sebagai Uji Coba Boron Neutron Capture Theraphy (BNCT) pada Jaringan Lunak dan Jaringan Keras dengan Metode Simulasi

Fadli, Octaviana Erawati (2015) Modifikasi Radial Piercing Beamport (RPB) Reaktor Kartini sebagai Uji Coba Boron Neutron Capture Theraphy (BNCT) pada Jaringan Lunak dan Jaringan Keras dengan Metode Simulasi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

Full text not available from this repository.

Abstract

Modifikasi Radial Piercing Beamport (RPB) Reaktor Kartini sebagai Uji Coba Boron Neutron Capture Theraphy (BNCT) pada Jaringan Lunak dan Jaringan Keras dengan Metode Simulasi Octaviana Erawati Fadli Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret ABSTRAK Telah dilakukan modifikasi RPB sebagai uji coba BNCT pada jaringan lunak dan jaringan keras. Modifikasi dilakukan dengan metode simulasi komputer berbasis perangkat lunak MCNP5. Berkas neutron untuk keperluan BNCT harus memenuhi parameter-parameter yang disyaratkan oleh IAEA. Modifikasi RPB dilakukan dalam empat tahap yaitu, optimasi reflektor, optimasi apperture, optimasi moderator dan optimasi filter. Untuk mendapatkan hasil yang mampu memenuhi kriteria yang disyaratkan oleh IAEA, maka RPB dimodifikasi dengan menambahkan pemandu berkas neutron. Pemandu berkas neutron dalam penelitian ini terbuat dari reflektor Ni-nat (95%) dengan ketebalan 1,50 cm, moderator berbahan 27Al dengan ketebalan 14,00 cm dan filter BeF2 setebal 0,50 cm yang dikombinasi dengan CdF2 setebal 1,00 cm. Hasil dari simulasi menunjukkan bahwa hanya terdapat dua parameter yang dapat memenuhi kriteria IAEA, yaitu dan yang masing-masing bernilai 0,00 dan 3,13. Ketiga parameter lain yang belum memenuhi kriteria IAEA adalah hanya sebesar n.cm-2 .s-1 , ̇ neutron cepat/ sebesar Gy.cm2 .n -1 dan ̇ gamma/ sebesar Gy.cm2 .n -1 . Penelitian ini berlanjut dengan melakukan uji coba pada jaringan lunak dan jaringan keras dengan metode simulasi MCNP5. Hasil simulasi menunjukkan jika fluks neutron termal terdistribusi maksimum didalam jaringan lunak pada kedalaman 7,00 cm dan 2,00 cm untuk jaringan keras. Dosis gamma maksimum dihasilkan pada kedalaman 7,00 cm untuk Jaringan lunak dan 6,00 cm untuk jaringan keras. Kualitas neutron dari hasil modifikasi RPB secara simulasi menunjukkan bahwa disain ini bisa digunakan untuk kasus kanker yang terletak sejauh 7,00 cm dari permukaan kulit. Kata kunci : BNCT, RPB, pemandu berkas neutron, fluks neutron, IAEA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Gunasih gunasih
Date Deposited: 04 Sep 2015 10:07
Last Modified: 04 Sep 2015 10:07
URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17779

Actions (login required)

View Item