EFEKTIVITAS DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI DAN UMKM KOTA PEKALONGAN DALAM PEMBERDAYAAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) BATIK

Marselina, Marissa (2015) EFEKTIVITAS DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI DAN UMKM KOTA PEKALONGAN DALAM PEMBERDAYAAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) BATIK. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2807Kb) | Preview

    Abstract

    Marissa Marselina. D0109056. Skripsi. Efektivitas Dinas Perindustrian Perdagagangan Koperasi dan UMKM Kota Pekalongan dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Batik. Jurusan Ilmu Administrasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2014. 92 hal. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah meluncurkan sebuah upaya pemberdayaan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). UMKM merupakan penggerak penting bagi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Batik merupakan salah satu produk unggulan yang diiliki oleh Kota Pekalongan yang sudah menjadi usaha turun temurun keluarga. UKM batik ini banyak menyerap jumlah tenaga kerja. Dalam keberlangsungan usahanya ukm batik juga tidak terlepas dari masalah. Untuk terus meningkatkan dan memperkuat perekonomian derah serta dengan melihat segala potensi yang dimiliki Kota Pekalongan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM melakukan pemberdayaan UKM batik yang ada di Kota Pekalongan. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM dalam pemberdayaan UKM batik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menyesuaikan jenis penelitiannya yaitu menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Pekalongan sudah berjalan dengan efektif. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan tugas dan fungsi Disperindagkop dan UMKM dalam pemberdayaan UKM batik yang ada di Pekalongan. Dalam upaya untuk menumbuh dan mengembangkan UKM batik Disperindagkop dan UMKM telah memberikan beberapa pelatihan, fasilitasi serta bantuan akses pemasaran produk batik. selain itu dalam pelaksanaannya Disperindagkop dan UMKM telah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mendukung tujuannya. Serta adanya inovasi baru dalam memberdayakan UKM batik untuk terus kuat dan berkembang serta menjadi penopang utama perekonomian daerah. Kata Kunci : Efektivitas, Disperindagkop dan UMKM, Pemberdayaan UKM.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    J Political Science > JS Local government Municipal government
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 04 Sep 2015 08:55
    Last Modified: 04 Sep 2015 08:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17766

    Actions (login required)

    View Item