PERBEDAAN ANTARA RELAKSASI DAN KOMPRES TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI HAID (Pada Mahasiswa Di Akper Giri Satria Husada Wonogiri)

MARNI, (2015) PERBEDAAN ANTARA RELAKSASI DAN KOMPRES TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI HAID (Pada Mahasiswa Di Akper Giri Satria Husada Wonogiri). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (127Kb) | Preview

    Abstract

    Marni. S541108058. 2013. Perbedaan Antara Relaksasi Dan Kompres Terhadap Penurunan Skala Nyeri Haid (Pada Mahasiswa Di Akper Giri Satria Husada Wonogiri). Tesis. Pembimbing I Prof. Dr. AA. Subiyanto, dr, MS., Pembimbing II Dr. Hari Wujoso, dr., Sp.F, M.M. Program Studi Magister Kedokteran Keluarga, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta ABSTRAK Masa remaja ditandai dengan perubahan biologis yaitu haid (menstruasi), yang seringkali wanita mengalami rasa tidak nyaman di perut bagian bawah keadaan ini yang disebut dengan nyeri haid. Nyeri haid ini biasanya sampai mengganggu sehingga harus meninggalkan pekerjaannya dan memaksa harus beristirahat atau mencari pengobatan. Ada 2 cara untuk mengatasi nyeri haid, yaitu secara farmakologi dan non farmakologi. Sedangkan banyak mahasiswa yang belum mengetahui cara mengatasi nyeri haid ini secara nonfarmakologi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perbedaan antara relaksasi dan kompres dalam menurunkan skala nyeri haid. Metode penelitian dengan menggunakan quasy eksperimental design dengan rancangan pretest-posttest design. Batasan populasi pada penelitian ini adalah remaja putri yang mengalami dismenorea, mahasiswa Akper Giri Satria Husada Wonogiri semester 1, besarnya populasi adalah 70 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel secara random, diperoleh jumlah sampel sebanyak 60 orang. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian dengan uji Mann-Whitney didapatkan nilai Z hitung sebesar -2.226 dengan nilai signifikansi (p) 0,026; artinya p < α, dengan nilai < 0,05, yang berarti ada perbedaan yang bermakna antara relaksasi dengan kompres terhadap penurunan skala nyeri haid. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan yang bermakna antara relaksasi dan kompres terhadap penurunan skala nyeri haid pada mahasiswa di Akper Giri Satria Husada Wonogiri. Kata Kunci: Relaksasi, Kompres, Skala Nyeri Haid.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 04 Sep 2015 08:34
    Last Modified: 04 Sep 2015 08:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17758

    Actions (login required)

    View Item