PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARANTIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Vindari, Ana Vida (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARANTIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (859Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitianinibertujuanuntuk (1) Mengidentifikasi penerapan metode cooperative learning tipe student team achievement division pada matakuliah Asuhan Kebidanan I. (2) Mengidentifikasi motivasi belajar mahasiswa pada matakuliah Asuhan Kebidanan I. (3) Mengidentifikasi hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Asuhan Kebidanan I. (4)Menganalisispengaruh penerapan metode cooperative learning tipe student team achievement division terhadap hasil belajar mahasiswa ditinjau dari motivasi belajar pada Asuhan Kebidanan I. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksprimental. Sampel penelitian ini adalah seluruhmahasiswa semester III Akademi Kebidanan BrawijayaHusada Malang tahun 2014. Teknik pengumpulan data diambil dari hasil Ujian Akhir Semester dan kuesioner. Uji coba instrumen meliputivaliditas isi, tingkat kesukaran dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian: Ada perbadaan yang bermakna antara penggunaan model pembelajaran STAD danceramahterhadaphasilbelajarasuhankebidanan I, diperoleh Fobservasi=41,00522hasilpenelitian ini dikonsultasikan dengan tabel F dengantaraf signifikan 0,05 diperolehFtabel = 4,00, karenaFobservasi>Ftabelatau41,00522> 4,00 kesimpulan Ho ditolak, ada pengaruh yang signifikanantaramahasiswa yang memilikimotivasitinggidenganmahasiswa yang memilikimotivasirendah, diperolehFobservasi=101,1497dengan tarafsignifikansi 0,05 diperolehFtabel = 4,00, karenaFobservasi>Ftabelatau101,1497> 4,00 kesimpulan Ho ditolak,tidakterdapatperbedaaninteraksipengaruh yang signifikanantarametodepembelajarandanmotivasibelajarterhadaphasilbelajar, diperolehFobservasi = 0,88786dengan tarafsignifikansi 0,05 diperolehFtabel = 4,00, karenaFobservasi>Ftabelatau0,88786> 4,00 kesimpulan Ho diterima. Kata Kunci:Pembelajaran model STAD, Model Ceramah, Hasil belajar Asuhan Kebidanan I, Motivasi belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 04 Sep 2015 08:00
    Last Modified: 04 Sep 2015 08:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17752

    Actions (login required)

    View Item