FAKTOR KEBERHASILAN RELOKASI PERMUKIMAN MENURUT PERSEPSI PENGHUNI (Studi Kasus: Program Relokasi Pemukiman DAS Bengawan Solo Surakarta)

PRAKOSO, MARTZESSA HARIO (2015) FAKTOR KEBERHASILAN RELOKASI PERMUKIMAN MENURUT PERSEPSI PENGHUNI (Studi Kasus: Program Relokasi Pemukiman DAS Bengawan Solo Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (657Kb) | Preview

    Abstract

    Relokasi permukiman merupakan salah satu metode penanganan permasalahan permukiman perkotaan yang memiliki tujuan besar terhadap keberlanjutan kehidupan komunitas masyarakat yang terlibat di dalamnya. Oleh karenanya pelaksanaan relokasi permukiman mencakup tahap perencanaan hingga pasca huni permukiman harus memerhatikan berbagai prinsip dasar. Pada pelaksanaannya, banyak kegiatan relokasi yang tidak memperhatikan prinsip dasar dalam relokasi permukiman, sehingga kegiatan relokasi hanya memunculkan masalah baru di lokasi pemindahan. Oleh karena itu, diperlukan kajian mengenai faktor – faktor keberhasilan relokasi permukiman agar kegiatan relokasi permukiman di masa mendatang memerhatikan prinsip dasar sehingga diharapkan dapat memberikan kehidupan yang lebih layak di lokasi pemindahan. Pemerintah Kota Surakarta telah memulai kegiatan relokasi permukiman sejak tahun 2008. Kelurahan Mojosongo Kota Surakarta menjadi lokasi tujuan relokasi permukiman bantaran Sungai Bengawan Solo pasca bencana banjir tahun 2007 yang merusak sebagian besar tatanan permukiman di bantaran sungai. Pelaksanaan relokasi di mulai pada tahun 2008 dengan melibatkan kerja sama berbagai pihak termasuk pemerintah setempat hingga pihak swasta. Relokasi permukiman bantaran Sungai Bengawan Solo menjadi proyek percontohan bagi kegiatan relokasi permukiman di Indonesia. Meskipun demikian, kegiatan relokasi permukiman bantaran Sungai Bengawan Solo belum memberikan banyak perubahan bagi warga relokasi selama 7 tahun ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif untuk mengetahui karakteristik permukiman relokasi dan faktor keberhasilan relokasi permukiman di Kelurahan Mojosongo. Karakteristik permukiman relokasi dan faktor keberhasilan relokasi permukiman diperoleh dari hasil analisis terhadap lokasi permukiman, aksesibiltas pelayanan, ketersediaan sarana dan prasarana, kondisi bangunan tempat tinggal, peluang usaha, kompensasi, keterikatan antar masyarakat, keberlanjutan spiritual budaya masyarakat, dan partisipasi masyarakat. Untuk mengetahui faktor – faktor keberhasilan relokasi permukiman, maka dilakukan analisis dengan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode perbandingan eksponensial dengan melihat skoring tiap variabel faktor keberhasilan relokasi permukiman sehingga didapatkan faktor dominan dalam perumusan faktor keberhasilan. Secara umum, permukiman relokasi mampu menawarkan kondisi penghidupan yang lebih baik di lokasi pemindahan. Meski demikian, sebagian besar warga relokasi permukiman di Kelurahan Mojosongo menganggap bahwa jarak lokasi pemindahan yang jauh dengan pusat kota dan kemudahan transportasi dapat ditinjau ulang oleh pemerintah sebagai pelaksana program. Kata Kunci: Faktor, relokasi, permukiman

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah dan Tata Kota
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 04 Sep 2015 08:01
    Last Modified: 04 Sep 2015 16:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17749

    Actions (login required)

    View Item