PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPERGIAN MANDIRI MELALUI PENAMBAHAN FREKUENSI LATIHAN PENGGUNAAN TONGKAT PADA PELAJARAN ORIENTASI MOBILITAS BAGI SISWA TUNANETRA KELAS II DI SDLB PATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Masduri, (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPERGIAN MANDIRI MELALUI PENAMBAHAN FREKUENSI LATIHAN PENGGUNAAN TONGKAT PADA PELAJARAN ORIENTASI MOBILITAS BAGI SISWA TUNANETRA KELAS II DI SDLB PATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (281Kb) | Preview

    Abstract

    Masduri,X5213212 PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPERGIAN MANDIRI MELALUI PENAMBAHAN FREKUENSI LATIHAN PENGGUNAAN TONGKAT PADA PELAJARAN ORIENTASI DAN MOBILITAS BAGI SISWA TUNANETRA KELAS II DI SDLB PATI. Skripsi, program Studi Pendidikan Luar Biasa, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2015. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpergian mandiri melalui teknik penggunaan tongkat bagi siswa tunanetra kelas II di SDLB Pati Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah 2 siswa tunanetra kelas II di SDLB Pati. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Nopember, Desember 2014, Januari, Pebruari, Maret dan April 2015. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, observasi dan wawancara/interview. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis yaitu dengan mengungkapkan kelemahan dan kelebihan kinerja siswa dari hasil analisis tes, observasi dan interview/wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa AQ pada pra tindakan memperoleh nilai 55,00, pada siklus I memperoleh nilai 64,00 dan siklus II ada peningkatan menjadi 75,00. Sedang siswa SSW pada pra tindakan memperoleh nilai 65,00, pada tindakan siklus I memperoleh nilai 74,00, pada tindakan siklus II meningkat memperoleh 85,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Melalui Penambahan Frekuensi Latihan Penggunaan Tongkat Pada Pelajaran Orientasi dan Mobilitas dapat meningkatkan Kemampuan Berpergian Mandiri Bagi siswa Tunanetra kelas II di SDLB Pati tahun pelajaran 2014/2015. Kata kunci : Prestasi belajar orientasi mobilitas, teknik penggunaan tongkat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    L Education > LC Special aspects of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 04 Sep 2015 07:44
    Last Modified: 04 Sep 2015 07:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17744

    Actions (login required)

    View Item