PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI PENERAPAN SIX THINKING HATS (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Pajang II Laweyan, Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015)

Damaryanti, Okthina (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI PENERAPAN SIX THINKING HATS (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Pajang II Laweyan, Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (401Kb) | Preview

    Abstract

    Okthina Damaryanti. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI PENERAPAN SIX THINKING HATS (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Pajang II Laweyan, Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Mei 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan melalui Six Thinking Hats dan untuk mendeskripsikan implementasi penerapan Six Thinking Hats dalam meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan pada siswa kelas V SD Negeri Pajang II Tahun Pelajaran 2014/2015. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pajang II Laweyan, Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakana wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan (verifikasi). Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) penerapan Six Thinking Hats dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan pada siswa kelas V SD Negeri Pajang II Laweyan, Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Peningkatan keterampilan menulis laporan pengamatan diketahui dengan hasil tes keterampilan menulis laporan pengamatan yang dilaksanakan pada prasiklus dan setiap pertemuan di masing-masing siklus menunjukkan peningkatan ketuntasan nilai siswa pada prasiklus sebesar 35.90%, siklus I sebesar 75.37%, siklus II sebesar 89.75%. 2) Implementasi penerapan Six Thinking Hats dalam meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan meliputi (a) pengamatan topik video; (b) menyampaikan laporan dari enam sudut pandang Topi Berpikir; (c) menyusun laporan pengamatan khusus berdasarkan satu peran topi yang digunakan. Simpulannya adalah 1) Six Thinking Hats dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan pada siswa kelas V SD Negeri pajang II, Laweyan, Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. 2) Implementasi penerapan Six Thinking Hats dalam meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan meliputi (a) pengamatan topik video; (b) menyampaikan laporan dari enam sudut pandang Topi Berpikir; (c) menyusun laporan pengamatan khusus berdasarkan satu peran topi yang digunakan. Kata Kunci : Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan, Six Thinking Hats

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 04 Sep 2015 07:27
    Last Modified: 04 Sep 2015 07:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17740

    Actions (login required)

    View Item