PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) DENGAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 5 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2014/2015

Alviyani, Novi Nur (2015) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) DENGAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 5 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (492Kb) | Preview

    Abstract

    Novi Nur Alviyani. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) DENGAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 5 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2015. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dengan media benda konkret dalam peningkatan keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika di kelas IV SDN 5 Kebumen tahun ajaran 2014/2015; (2) meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita di kelas IV SDN 5 Kebumen tahun ajaran 2014/2015; (3) menemukan solusi terhadap kendala penggunaan model kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dengan media benda konkret dalam peningkatan keterampilan menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber data. Prosedur Penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dengan media benda konkret yaitu: (a) tahap persiapan dalam mengkondisikan kelas; (b) tahap penyampaian materi dengan media benda konkret; (c) pembentukan kelompok; (d) tahap think, pemahaman siswa untuk menuliskan keterangan esensial; (e) tahap talk, penyampaian ide dalam menyelesaikan masalah; (f) tahap write, Penelitian hasil diskusi; (g) refleksi, presentasi dan pembahasan hasil diskusi; dan (h) menyimpulkan; (2) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe ThinkTalk-Write (TTW) dengan media benda konkret dapat meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika di kelas IV SDN 5 Kebumen tahun ajaran 2014/2015. Terbukti dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 57,69% dan meningkat menjadi 73,08. Kemudian siklus II meningkat dari 82,61% menjadi 84%. Pada siklus III mengalami peningkatan dari 88,84% menjadi 88,46%; (3) kendala yang dihadapi dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dengan media konkret dalam peningkatan keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika di kelas IV SDN 5 Kebumen yaitu, sikap indivual siswa masih tinggi. Solusi untuk kendala tersebut adalah membimbing siswa untuk saling bekerja sama dalam kelompok dan saling membantu. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dengan media benda konkret dapat meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika di kelas IV SDN 5 kebumen tahun ajaran 2014/2015. Kata Kunci: Think-Talk-Write, soal cerita, benda konkret

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 04 Sep 2015 07:05
    Last Modified: 04 Sep 2015 07:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17732

    Actions (login required)

    View Item