FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HUTANG PADA PERUSAHAAN JASA YANG LISTING DI BEI (Studi Terhadap Perusahaan Jasa yang Terdaftar Di BEI 2006 2013)

Marutu, Erly Irliyana (2015) FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HUTANG PADA PERUSAHAAN JASA YANG LISTING DI BEI (Studi Terhadap Perusahaan Jasa yang Terdaftar Di BEI 2006 2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2083Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kebijakan struktur modal terhadap penggunaan hutang. Ada delapan variabel yang digunakan yaitu (1) hutang jangka panjang sebagai variabel dependen, (2) ukuran perusahaan, profitabilitas, resiko bisnis, tingkat pertumbuhan perusahaan, inflasi, suku bunga, dan nilai tukar sebagai variabel independen. Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan Jasa yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan sampel yang diteliti berjumlah 46 perusahaan jasa pada periode tahun 2006 sampai tahun 2013. Data tersebut diambil dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) pada periode 2006-2013. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Uji F digunakan untuk mengetahui pengaruh secara simultan variabel-variabel independen terhadap variabel dependen sedangkan uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh secara parsial masingmasing variabel. Dilihat dari nilai adjusted R square, kemampuan tujuh variabel bebas dalam menjelaskan variabel dependen yaitu hutang jangka panjang sebesar 62,6% dan sisanya sebesar 37,4% dijelaskan oleh faktor lain diluar model penelitian. Dilihat dari uji F, terlihat bahwa secara bersama-sama variabel bebas (independen) mempengaruhi variabel dependen. Kata kunci : Hutang Jangka Panjang, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Resiko Bisnis, Tingkat Pertumbuhan Perusahaan, Inflasi, Suku Bunga, Nilai Tukar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 04 Sep 2015 05:24
    Last Modified: 04 Sep 2015 05:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17728

    Actions (login required)

    View Item