ANALISIS MISKONSEPSI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 KLEGO DALAM MEMPELAJARI MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI IQ SISWA

Cahyaningrum, Erin Tri (2015) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 KLEGO DALAM MEMPELAJARI MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI IQ SISWA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (359Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi dan menegtahui penyebab miskonsepsi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Klego pada pembelajaran matematika materi pokok bangun ruang sisi datar ditinjau dari IQ siswa. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan strategi penelitian yaitu deskripstif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) metode tes yang dilakukan kepada siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Klego dengan IQ tinggi, sedang dan rendah, 2) metode wawancara dilakukan kepada siswa yang mengalami miskonsepsi. Pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi waktu, yaitu dengan membandingkan data hasil tes, wawancara pada satu waktu dengan hasil tes dan wawancara pada waktu berikutnya. Analisis data dilakukan melalui langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat dipaparkan sebagai berikut: 1) miskonsepsi pada a) Siswa dengan IQ tinggi (1) definisi kubus dan balok yang termasuk dalam miskonsepsi teoritikal, (2) luas sisi tegak limas yang terdiri atas miskonsepsi teoritikal dan relasional. b ) Siswa dengan IQ sedang (1) definisi kubus dan balok yang termasuk dalam miskonsepsi teoritikal, (2) luas sisi tegak limas yang terdiri atas miskonsepsi teoritikal dan relasional, (3) menetukan panjang sisi bangun ruang yang merupakan miskonsepsi relasional, (4) luas permukaan limas yang merupakan miskonsepsi teoritikal dan relasional . c) Siswa dengan IQ rendah (1) definisi kubus dan balok yang termasuk dalam miskonsepsi teoritikal, (2) luas sisi tegak limas yang terdiri atas miskonsepsi teoritikal dan relasional, (3) menetukan panjang sisi bangun ruang yang merupakan miskonsepsi relasional, (4) luas permukaan limas yang merupakan miskonsepsi teoritikal dan relasional . 2) Penyebab miskonsepsi adalah a) Berasal dari guru. b) Berasal dari siswa, yaitu kesalahan intrepretasi gambar, belum memahami konsep prasyarat, simplifikasi konsep, ketidakmampuan mengaitkan konsep, dan aspek praktis. c) Konteks. Kata kunci: miskonsepsi, bangun ruang sisi datar, IQ, konsep

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 04 Sep 2015 04:07
    Last Modified: 04 Sep 2015 04:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17726

    Actions (login required)

    View Item