PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 6 PANJER TAHUN AJARAN 2014/2015

Megasusilowati, Erin (2015) PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 6 PANJER TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (312Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model kooperatif tipe TGT dengan multimedia dalam peningkatan pembelajaran IPA pada materi pesawat sederhana siswa kelas V SD N 6 Panjer tahun ajaran 2014/2015, (2) meningkatkan pembelajaran IPA pada materi pesawat sederhana melalui penggunaan model kooperatif tipe TGT dengan multimedia pada siswa kelas V SD N 6 Panjer, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model kooperatif tipe TGT dengan multimedia dalam peningkatan pembelajaran IPA pada materi pesawat sederhana siswa kelas V SD N 6 Panjer. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus terdiri dari dua kali pertemuan, setiap pertemuan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 6 Panjer yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan teknik. Analisis data dilakukan melalui analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis data kualitatif meliputi tiga kegiatan yaitu reduksi data, mendeskripsikan data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penggunaan model kooperatif tipe TGT dengan multimedia yang tepat untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 6 Panjer tahun ajaran 2014/2015 yaitu: (a) menyampaikan ateri pelajaran dengan multimedia, (b) pelaksanaan belajar kelompok dengan multimedia, (c) game turnamen, dan (d) penghargaan kelompok; (2) penggunaan model kooperatif tipe TGT dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 6 Panjer tahun ajaran 2014/2015. Peningkatan proses pembelajaran IPA pada siklus I sebesar 79,16%, siklus II meningkat menjadi 87,15%. Siklus III meningkat menjadi 92,25%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 86,88%, siklus II yaitu 89,57%, dan siklus III yaitu 92,42%; (3) Kendala yang dihadapi ketika pelaksanaan pembelajaran yaitu: siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, kelompok belajar yang dibentuk belum efektif, siswa ramai ketika berkelompok, beberapa kelompok kesulitan mengerjakan LKS. Solusi yang ditempuh yaitu mengondisikan siswa agar siap memperhatikan penjelasan materi, membentuk kelompok belajar dengan jumlah anggota tiap kelompok yaitu 3-4 siswa, mengarahkan siswa untuk tertib selama berkelompok, memberikan bimbingan kepada kelompok yang mengalami kesulitan mengerjakan LKS. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model kooperatif tipe TGT dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang pesawat sederhana siswa kelas V SDN 6 Panjer tahun ajaran 2014/2015. Kata Kunci: TGT, multimedia, pembelajaran IPA.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 04 Sep 2015 03:57
    Last Modified: 04 Sep 2015 03:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17724

    Actions (login required)

    View Item