INTUISI SISWA KELAS VII SMP N 1 NGANJUK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ)

Etika , Erdyna Dwi (2015) INTUISI SISWA KELAS VII SMP N 1 NGANJUK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1325Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan kategori intuisi siswa kelas VII SMPN 1 Nganjuk tipe climber, camper, dan quitter dalam pemecahan masalah matematika. (2) Mendeskripsikan jenis intuisi siswa kelas VII SMPN 1 Nganjuk tipe climber, camper, dan quitter dalam pemecahan masalah matematika. Jenis Intuisi yang digunakan adalah jenis intuisi menurut Fischbein dan Poincare. Kategori intuisi menurut Fischbein: (1) Intuisi Afirmatori; (2) Intuisi Antisipatori. Jenis intuisi menurut Poincare: (1) Intuisi berdasarkan indera; (2) Intuisi berdasarkan pola pikir induktif; (3) Intuisi berdasarkan penggunaan matematika secara real. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan menggunakan purposive sampling dengan teknik snowball sampling. Subjek penelitian dipilih dari siswa kelas VII SMP N 1 Nganjuk berjumlah 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa tipe climbers, 2 siswa tipe campers, dan 2 siswa tipe quitters siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nganjuk. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan instrumen bantu berupa tes pemecahan masalah matematika. Data penelitian adalah kategori intuisi dan jenis intuisi. Data diperoleh dari Think Aloud Method. Teknik analisis data adalah: (1) menggolongkan data dalam empat kategori : (a) memahami masalah, (b) merencanakan solusi, (c) mencari solusi, (d) memeriksa solusi; (2) menyajikan data dalam bentuk teks narasi; dan (3) menyimpulkan kategori intuisi dan tipe intuisi dari siswa di setiap tipe Adversity Quotient. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kategori intuisi pada siswa SMP N 1 Nganjuk, (a) dengan tipe climbers, dalam memahami masalah, siswa menggunakan kategori intuisi affirmatory, dalam merencanakan solusi, siswa menggunakan intuisi affirmatory, menggunakan intuisi anticipatory dalam memecahkan masalah, siswa menggunakan intuisi affirmatory. (b) Siswa dengan tipe campers, memahami masalah menggunakan intuisi affirmatory, dalam merencanakan solusi siswa menggunakan intuisi antisipatori, dalam melaksanakan rencana solusi siswa tidak menggunakan intuisi, pada tahap memeriksa solusi, siswa tidak menggunakan intuisi. (c) Siswa dengan tipe quitters, memahami masalah tidak menggunakan intuisi, dalam merencanakan jenis intuisi yang digunakan siswa tergolong intuisi affirmatory, siswa menggunakan intuisi anticipatory dalam memecahkan masalah, pada tahap memeriksa solusi siswa tidak menggunakan intuisi. (2) Jenis intuisi pada siswa SMP N 1 Nganjuk, (a) siswa tipe climber, dalam memahami masalah, siswa menggunakan intuisi berdasarkan indera, dalam merencanakan solusi siswa menggunakan intuisi berdasarkan indera, dalam mencari solusi siswa menggunakan intuisi berdasarkan indera, dalam memeriksa solusi siswa menggunakan intuisi berdasarkan indera. (b) Siswa dengan tipe campers, memahami masalah siswa menggunakan intuisi berdasarkan indera, dalam merencanakan solusi intuisinya berupa pemikiran matematika secara real, dalam melaksanakan rencana solusi, siswa tidak menggunakan intuisi, pada tahap memeriksa solusi, siswa tidak menggunakan intuisi. (c) Siswa dengan tipe quitters, memahamimasalah siswa tidak menggunakan intuisi, dalam merencanakan solusi intuisisnya berdasarkan indera, dalam mencari solusi, siswa menggunakan intuisi berdasarkan indera karena siswa melakukan pengamatan dan perhitungan saat memecahkan masalah, pada tahap memeriksa solusi, siswa tidak menggunakan intuisi. Kata Kunci : Intuisi, Pemecahan Masalah Matematika, Adversity Quotient (AQ)

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 04 Sep 2015 03:45
    Last Modified: 04 Sep 2015 03:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17722

    Actions (login required)

    View Item