PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD N 2 LAMUK KEJOBONGPURBALINGGA TAHUN AJARAN 2013/2014

Setyadi , Epri (2015) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD N 2 LAMUK KEJOBONGPURBALINGGA TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (363Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan Group Investigation (GI) dalam pembelajaran Matematika tentang operasi hitung pecahan pada siswa kelas V SD Negeri 2 Lamuk tahun ajaran 2013/2014; 2) Meningkatkan hasil belajar Matematika tentang operasi hitung pecahan pada siswa kelas V SD Negeri 2 Lamuk tahun ajaran 2013/2014; dan 3) Mendeskripsikan kendala dan solusi dalam pembelajaran Matematika melalui penerapan Group Investigation (GI) siswa kelas V SD Negeri 2 Lamuk tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Lamuk yang berjumlah 19. Data berasal siswa, guru, dan observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan statistik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: a) Tahap Pengelompokkan (Grouping); b) Tahap Perencanaan (Planning); c) Tahap Penyelidikan (Investigation); d) Tahap Pengorganisasian (Organizing); e) Tahap Presentasi (Presenting); f) Tahap Evaluasi (Evaluating). 2) Penerapan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan pembelajaran Matematika materi operasi hitung pecahan siswa kelas V SD N 2 Lamuk Tahun Ajaran 2013/2014. Peningkatan pembelajaran ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar Matematika ≥KKM yang telah ditentukan yaitu 70 dengan persentase ketuntasan siswa 80%. Persentase ketuntasan nilai awal siswa adalah 31,57%. Setelah diadakan tindakan , rata-rata persentase ketuntasan siswa dalam 3 siklus secara berturut-turut adalah 47,36%, 81,57% dan 89,47%. Sedangkan nilai rata-rata setiap siklus secara berturut-turut adalah 66,83, 75,78, dan 80,78. 3) Kendala dalam penelitian ini yaitu: a) hanya dapat diterapkan pada siswa yang mempunyai kemampuan berkomunikasi tinggi, dan b) diperlukan pelatihan sebelum penerapan. Adapun solusinya yaitu: a) melatih siswa untuk berkomunikasi dan b) melakukan pelatihan sebelum pelaksanaan tindakan. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika tentang operasi hitung pecahan pada siswa kelas V SDN 2 Lamuk Tahun ajaran 2013/2014. Kata kunci: Group Investigation (GI), Hasil Belajar, Matematika.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 04 Sep 2015 03:28
    Last Modified: 04 Sep 2015 03:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17720

    Actions (login required)

    View Item