PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN PERUMAHAN TERHADAP IKLAN SEBAGAI SARANA PROMOSI DALAM TRANSAKSI JUAL BELI

Riadytia, Endbram (2015) PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN PERUMAHAN TERHADAP IKLAN SEBAGAI SARANA PROMOSI DALAM TRANSAKSI JUAL BELI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (280Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini mengkaji dan menjawab permasalahan mengenai bentukbentuk perlindungan hukum konsumen perumahan terhadap iklan sebagai sarana promosi dalam transaksi jual beli. Adapun kajian selanjutnya mengenai upaya penyelesaian sengketa konsumen perumahan yang berkaitan dengan ketidaksesuaian iklan brosur dengan realisasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum doktrinal atau normative yang bersifat preskriptif. Teknik pengumpulan bahan hukum dalam penelitian ini adalah dengan studi kepustakaan, dilaksanakan dengan membaca dan mempelajari isi bahan-bahan hukum primer dan bahan-bahan hukum sekunder hasil dari studi kepustakaan untuk mengumpulkan dan menyusun penulisan hukum yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. . Berdasarkan dari jenis penelitiannya, maka teknik analisis bahan hukum yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan metode logika deduktif yaitu hal-hal yang dirumuskan secara umum kemudian menarik kesimpulan yang sesuai mengenai perlindungan hukum konsumen perumahan terhadap iklan sebagai sarana promosi dalam transaksi jual beli . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perlindungan hukum konsumen perumahan terhadap iklan sebagai sarana promosi dalam transaksi jual beli secara umum diatur dalam Pasal 9. Pasal 10, Pasal 12, Pasal 13, Pasal 14, Pasal 15, Pasal 16, Pasal 17 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, sedangkan peraturan yang mengatur secara khusus tentang iklan perumahan diatur pada Pasal 134 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Pemukiman dimana Pasal 134 menerangkan bahwa setiap orang dilarang menyelenggarakan pembangunan perumahan yang tidak sesuai dengan kriteria, spesifikasi, persyaratan, prasarana, sarana dan utilitas umum yang diperjanjikan, sedangkan upaya hukum yang dapat dilakukan konsumen perumahan jika terjadi ketidaksesuaian antara iklan brosur perumahan dengan realitas sebenarnya yang terjadi maka konsumen perumahan dapat mengajukan upaya hukum melalui jalur litigasi dan non litigas. Jalur litigasi atau peradilan dapat diajukan upaya perdata, sedangkan jika menempuh jalur non litigasi maka dapat meminta bantuan kepada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen. Kata Kunci: perlindungan konsumen, perumahan, iklan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 04 Sep 2015 03:05
    Last Modified: 04 Sep 2015 03:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17717

    Actions (login required)

    View Item