HUBUNGAN ANTARA KENAKALAN REMAJA DENGAN RESILIENSI DAN KOMUNIKASI DALAM KELUARGA PADA SISWA KELAS XI SMK YOSONEGORO MAGETAN

Fatimah , Endang Sri (2015) HUBUNGAN ANTARA KENAKALAN REMAJA DENGAN RESILIENSI DAN KOMUNIKASI DALAM KELUARGA PADA SISWA KELAS XI SMK YOSONEGORO MAGETAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (348Kb) | Preview

    Abstract

    Salah satu permasalahan yang dihadapi remaja adalah kebingungan untuk menemukan identitas dirinya, masa remaja merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Pada masa transisi ini remaja sudah tidak diterima sebagai anak-anak tetapi juga belum dianggap mampu sebagai seorang yang dewasa, sehingga remaja cenderung dapat melakukan tindakan yang melanggar dan sering disebut sebagai kenakalan remaja. Untuk mengendalikan kenakalan remaja, maka perlu untuk memiliki kemampuan dan daya tahan dalam menghadapi setiap permasalahan. Kenakalan remaja juga dapat dikendalikan atau dihindari oleh remaja dengan adanya perhatian serta dukungan dari orang-orang terdekat di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kenakalan remaja dengan resiliensi dan komunikasi keluarga pada siswa kelas XI SMK Yosonegoro Magetan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami permasalahan kenakalan pada remaja serta memahami besarnya kemampuan resiliensi serta bentuk komunikasi dalam keluarga yang dilakukan oleh para siswa atau remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sampel adalah remaja laki-laki, usia 13-16 tahun, tinggal bersama keluarga terutama orang tua dan sudah mengalami tindak kenakalan remaja. Subjek penelitian adalah 76 siswa dari 550 populasi di kelas XI SMK Yosonegoro Magetan. Alat ukur yang digunakan adalah skalah kenakalan remaja dengan indeks data beda berkisar 0,237 - 0,558 dan reliabilitas 0,701; skala resiliensi dengan indeks daya beda berkisar antara 0,224 - 0,614 dan reliabilitas 0,677. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan F hitung > F tabel (10, 428 > 3,12), p = 0,000 (p<0,05), yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kenakalan remaja dengan resiliensi dan komunikasi dalam keluarga. Hasil penelitian menunjukkan nilai r x1y = -0,312, p = 0,006 (p<0,05), terdapat hubungan yang signifikan antara kenakalan remaja dengan resiliensi pada siswa kelas XI SMK Yosonegoro. Nilai r x2y = -0,234, p = 0,043 (p<0,005), terdapat hubungan yang signifikan antara kenakalan remaja dengan komunikasi dalam keluarga pada siswa kelas XI SMK Yosonegoro. Nilai R2 dalam penelitian ini sebesar 0,222 atau 22,19% terdiri atas sumbangan efektif resiliensi dan komunikasi dalam keluarga terhadap kenakalan remaja sebesar 6,69% dan 15,5%. Kata Kunci : kenakalan remaja, resiliensi, komunikasi dalam keluarga.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 04 Sep 2015 02:56
    Last Modified: 04 Sep 2015 02:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17716

    Actions (login required)

    View Item