IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Studi Kasus di SMA Negeri 2 Aikmel Kabupaten Lombok Timur)

Mastati, (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Studi Kasus di SMA Negeri 2 Aikmel Kabupaten Lombok Timur). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (463Kb) | Preview

    Abstract

    Mastati NIM. S86108031, 2015. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas. Studi Kasus di SMA Negeri 2 Aikmel Kabupaten Lombok Timur. Komisi Pembimbing I: Prof. Dr. Warto, M.Hum, Pembimbing II: Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd. Tesis : Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Tujuan penelitian ini adalah untuk memotret dan mendeskripsikan tentang (1) persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Aikmel, (2) implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Aikmel, (3) kendala yang dialami guru pada implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Aikmel, (4) upaya untuk mengatasi kendala pada implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Aikmel. Penelitian ini dilakukan pada tahun pelajaran 2014/2015 di SMA Negeri 2 Aikmel Kabupaten Lombok Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriftif, dengan studi kasus terpancang tunggal. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan mencatat dokumen. Adapun informan dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru sejarah dan siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Guna menjamin kemantapan dan kebenaran data yang dikumpulkan dilakukan validitas data, dalam penelitian dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan teknik triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) persepsi guru terhadap Kurikulum 2013 adalah cukup bagus; (2) implememntasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah menyangkut (a) rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun belum semua merujuk pada Kurikulum 2013, (b) dalam pelaksanaan pembelajaran, sudah melaksanakan kegiatan pendahuluan, guru tidak menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran, guru sudah menguasai materi yang diajarkan, guru kurang mempariasikan metode dan model-model pembelajaran, dan belum sepenuhnya menggunakan pendekatan saintifik, belum mengintegrasikan nilai-nilai kehidupan dalam pembelajaran dan dalam kehidupan sehari-hari, guru dan siswa belum mengggunakan media LCD dan belum menggunakan buku sumber Kurikulum 2013 dari pemerintah, guru sudah bertindak sebagai fasilitator, pembelajaran sudah berpusat pada siswa, sudah menggunakan bahasa yang benar, dan guru mengahiri pembelajaran dengan tidak efektif, (c) guru belum sepenuhnya melaksanakan penilaian proses dan hasil; (3) kendala yang dialami guru pada implementasi Kurikulum 2013 seperti, (a) guru belum sepenuhnya paham Kurikulum 2013, (b) masih terbatasnya sarana dan prasarana yang mendukung seperti, ruang belajar, media LCD, buku sumber, dan lain-lain, (4) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yaitu (a) kurang pahamnya guru terhadap Kurikulum 2013 maka bagi guru yang sudah mengikuti pelatihan memberi informasi pada guru yang belum mengikuti pelatihan, (b) kurangnya sarana dan prasarana seperti ruangan belajar, sekolah membangun lokal lagi, (c) kurangnya media LCD maka sekolah membeli secara bertahap, (c) terbatasnya buku sumber, siswa membeli buku LKS Kurikulum 2013, memanfaatkan buku KTSP, dan mengakses materi dari internet. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi semua pihak yang terkait dalam upaya meningkatkan pelaksanaan pembelajaran sejarah. Kata kunci : Kurikulum, Pembelajaran Sejarah, Sekolah Menengah Atas.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
    D History General and Old World > D History (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 04 Sep 2015 07:31
    Last Modified: 04 Sep 2015 07:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17713

    Actions (login required)

    View Item