EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PROGRAM RASKIN: KAJIAN TENTANG PERAN ORGANISASI LOKAL DI DESA SALAM KECAMATAN GEBANG KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2014

Akhmad, Maulana Amirul (2015) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PROGRAM RASKIN: KAJIAN TENTANG PERAN ORGANISASI LOKAL DI DESA SALAM KECAMATAN GEBANG KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (492Kb) | Preview

    Abstract

    Maulana Amirul Akhmad, D0110077. “EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PROGRAM RASKIN: KAJIAN TENTANG PERAN ORGANISASI LOKAL DI DESA SALAM KECAMATAN GEBANG KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2014”. Skripsi. Jurusan Ilmu Admisitrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pengelolaan program Raskin yang ditinjau dari peran organisasi lokal di Desa Salam, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, Tahun 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan validitas data yang digunakan adalah triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah model analisis data secara interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Efektivitas pengelolaan program Raskin diukur dari indikator ketercapaian “Enam Tepat” yang meliputi tepat sasaran, jumlah, harga, waktu, adminsitrasi, dan kualitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan Raskin di Desa Salam tidak efektif. Adanya campur tangan peran organisasi lokal dalam pengelolaan Raskin berupa peran informasi, mediasi, advokasi, dan pemberdayaan, belum dapat menciptakan efektivitas program Raskin. Dengan adanya peranan organisasi lokal dalam pengelolaan Raskin di Desa Salam ternyata hanya dapat mencapai dua indikator di antara enam indikator yang ditentukan yaitu tepat harga dan waktu. Sedangkan indikator pengelolaan Raskin yang berupa tepat sasaran, jumlah, administrasi dan kualitas tidak tercapai. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan pengelolaan program Raskin yang ditinjau dari peran organisasi lokal di Desa Salam, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo tahun 2014 tidak efektif. Kata kunci : efektivitas, pengelolaan Raskin, organisasi lokal.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    J Political Science > JS Local government Municipal government
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 03 Sep 2015 23:58
    Last Modified: 03 Sep 2015 23:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17708

    Actions (login required)

    View Item