ANALISIS MOLECULAR DOCKING FITOKIMIA FAMILI FABACEAE DIBANDINGKAN TAMOKSIFEN TERHADAP RESEPTOR ESTROGEN α PADA KANKER PAYUDARA

Putra , Edga Caesaria Pratama (2015) ANALISIS MOLECULAR DOCKING FITOKIMIA FAMILI FABACEAE DIBANDINGKAN TAMOKSIFEN TERHADAP RESEPTOR ESTROGEN α PADA KANKER PAYUDARA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (231Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang Kanker payudara menempati peringkat kedua dalam insidensi kanker di dunia. Pada tahun 2012, 1,7 juta wanita terdiagnosa kanker payudara. Hormon estrogen menjadi faktor utama penyebab kanker payudara. Sebagian besar peran estrogen dimediasi oleh dua reseptor yaitu reseptor estrogen α dan reseptor estrogen β. Reseptor estrogen α diekspresikan oleh 50-80% dari kanker payudara. Tamoksifen termasuk ke dalam selective estrogen receptor modulators (SERMs) yang dapat terikat pada reseptor estrogen α sehingga dapat mencegah ikatan antara estrogen dan reseptor estrogen α. Dalam penelitian ini dilakukan skrining pada senyawa fitokimia tumbuhan yang diharapkan memiliki efektivitas lebih tinggi dibandingkan tamoksifen. Pada penelitian ini dilakukan analisis molecular docking terhadap senyawa fitokimia dari famili Fabaceae sebagai inhibitor aktivasi kompleks estrogen dan reseptor estrogen α. Metode Penelitian ini merupakan penelitian observasional bioinformatika dengan tujuan untuk mengamati perubahan interaksi struktur fitokimia dengan reseptor estrogen α. Penelitian ini dilakukan dengan molecular docking sebagai salah satu pendekatan in silico. Pada penelitian ini dilakukan analisis molecular docking ikatan antara senyawa fitokimia famili Fabaceae pada reseptor estrogen α. Molecular docking menggunakan program PyRx, AutoDock Vina, PyMOL, Open Babel, dan Chimera. Hasil Dari hasil skrining fitokimia tanaman famili Fabaceae didapatkan 5 senyawa yang memiliki energi ikatan sama ataupun lebih rendah dibandingkan tamoksifen yaitu β-amyrine (9,6 KJ/Mol), obovatin (9,6 KJ/Mol), erythrabyssin II (9,6 KJ.Mol), cajaflavanone (10,2 KJ/Mol), dan tomentosanol E (10,5 KJ/Mol). Setelah dilakukan visualisasi menggunakan program PyMOL didapatkan bahwa hanya cajaflavanone yang memiliki lokasi ikatan yang mirip dengan tamoksifen pada reseptor estrogen α. Simpulan Berdasarkan analisis molecular docking fitokimia famili Fabaceae, terdapat senyawa yang mempunyai karakteristik mirip dengan tamoksifen sebagai antagonis reseptor estrogen α, yaitu cajaflavanone. Namun, dibutuhkan penelitian in vitro atau in vivo untuk mengetahui efektivitasnya. _______________________________________________________________ Kata Kunci: Molecular Docking,Fitokimia, Famili Fabaceae, Reseptor Estrogen α, Kanker Payudara, Tamoksifen.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 03 Sep 2015 23:48
    Last Modified: 03 Sep 2015 23:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17707

    Actions (login required)

    View Item