HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR, DENGAN PRESTASI BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN III MAHASISWA SEMESTER III PRODI DIII KEBIDANAN KUSUMA HUSADA – SURAKARTA

Nadhiroh, Maya (2015) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR, DENGAN PRESTASI BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN III MAHASISWA SEMESTER III PRODI DIII KEBIDANAN KUSUMA HUSADA – SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (193Kb) | Preview

    Abstract

    Maya Nadhiroh, 541302065. 2014. Hubungan Dukungan Orang Tua Dan Lingkungan Belajar Dengan Prestasi Belajar Asuhan Kebidanan III Mahasiswa Semester III Prodi DIII Kebidanan STIKes Kusuma Husada Surakarta. Komisi Pembimbing I: Prof. Dr. Dr. Didik Tamtomo. Pembimbing II: Dr. Sariyatun, M.Pd.,M.Hum. Program Studi: Pendidikan Profesi Kesehatan. Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Latar Belakang : Prestasi pada mata kuliah ASKEB III di PRODI DIII STIKes Kusuma Husada Surakarta selama 2 tahun terakhir mengalami penurunan prestasi. Tahun 2012/2013 dari 84 mahasiswa yang lulus 68 mahasiswa, sedangkan tahun 2013/2014 dari 80 mahasiswa yang lulus 59 mahasiswa. Desain Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Sampel terdiri atas 40 mahasiswa STIKes Kusuma Husada Surakarta dipilih dengan teknik simple random sampling. Variabel bebas adalah Dukungan Orang Tua dan Lingkungan Belajar, variabel terikat adalah Prestasi yang dikumpulkan dengan dua kuesioner tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitas, dengan korelasi item-total > 0,444. Data dianalisis menggunakan model analisis regresi logistik ganda. Hasil : Terdapat hubungan positif secara statistik Terdapat hubungan positif secara statistik signifikan dukungan orang tua dengan prestasi belajar (b=1,89; CI 95% 0,53 sampai dengan 6,69; p = 0,022). Terdapat hubungan positif secara signifikan lingkungan belajar dengan prestasi belajar (b=4,29; CI 95% 1,14 sampai dengan 16,18; p = 0,030). Terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan orang tua, lingkungan belajar, dengan prestasi belajar harga Nagelkerke R square = 15,5 %. Simpulan : 1) Terdapat hubungan yang signifikan dukungan orang tua dengan prestasi, 2) Terdapat hubungan yang signifikan lingkungan belajar dengan prestasi, 3) Terdapat hubungan yang signifikan dukungan orang tua, lingkungan belajar dengan prestasi belajar. Kata Kunci: Dukungan Orang Tua, Lingkungan Belajar, Prestasi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
    R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
    R Medicine > RZ Other systems of medicine
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 03 Sep 2015 23:45
    Last Modified: 03 Sep 2015 23:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17702

    Actions (login required)

    View Item