PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DAN KETERLAMBATAN PENETAPAN APBD TERHADAP BELANJA MODAL(Studi Pada Kabupaten/Kota di Pulau Jawa Tahun 2012 - 2013)

PARAMITA, MAYANG ARUM (2015) PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DAN KETERLAMBATAN PENETAPAN APBD TERHADAP BELANJA MODAL(Studi Pada Kabupaten/Kota di Pulau Jawa Tahun 2012 - 2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (393Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), dan keterlambatan penetapan APBD terhadap belanja modal pada kabupaten/kota di Pulau Jawa tahun 2012-2013. Belanja modal merupakan pengeluaran daerah yang dialokasikan untuk kepentingan masyarakat terutama dalam hal pelayanan umum seperti pembangunan fasilitas publik dan pembangunan infrastruktur daerah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kabupaten/kota di Pulau Jawa tahun 2012-2013 dan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling yang menghasilkan 107 sampel. Variabel dependennya yaitu Belanja Modal (BM) sedangkan variabel independennya yaitu Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), dan keterlambatan penetapan APBD. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji F, uji koefisien determinasi, dan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial PAD dan DAU berpengaruh terhadap belanja modal, sedangkan keterlambatan penetapan APBD tidak berpengaruh. Secara bersama-sama, ketiga variabel PAD, DAU, dan keterlambatan penetapan APBD berpengaruh terhadap belanja modal di Pulau Jawa tahun 2012-2013. Kata kunci : Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Keterlambatan Penetapan APBD, Belanja Modal, APBD

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    J Political Science > JS Local government Municipal government
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 03 Sep 2015 23:32
    Last Modified: 03 Sep 2015 23:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17699

    Actions (login required)

    View Item