EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA KELAS X SMA NEGERI DI KOTA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Oktaviana, Dwi (2015) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA KELAS X SMA NEGERI DI KOTA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2302Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe TGT, NHT, atau model pembelajaran klasikal; (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan tipe kepribadian sanguinis, melankolis, koleris atau phlegmatis; (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan tipe kepribadian sanguinis, melankolis, koleris atau phlegmatis; (4) pada masing-masing tipe kepribadian, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe TGT, NHT, atau pembelajaran klasikal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan rancangan faktorial 3 x 4. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri di Kota Pontianak Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan secara stratified cluster random sampling. Teknik pengumpulan data meliputi metode dokumentasi untuk mendapatkan nilai matematika pada Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2013/2014 sebagai data kemampuan awal; metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa; dan metode angket untuk data tipe kepribadian siswa. Uji prasyarat meliputi uji normalitas populasi dengan menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas variansi populasi dengan menggunakan uji Bartlett. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari model pembelajaran kooperatif tipe NHT, model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari model pembelajaran klasikal, serta model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari model pembelajaran klasikal; (2) Siswa dengan tipe kepribadian sanguinis, melankolis, koleris, maupun phlegmatis memiliki prestasi belajar matematika yang sama; (3) Pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan tipe kepribadian sanguinis, melankolis, koleris, maupun phlegmatis memiliki prestasi belajar matematika yang sama; (4) Pada masingmasing tipe kepribadian, prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari model pembelajaran kooperatif tipe xvii NHT, model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari model pembelajaran klasikal, serta model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari model pembelajaran klasikal. Kata Kunci: TGT, NHT, Tipe Kepribadian Siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 03 Sep 2015 22:57
    Last Modified: 03 Sep 2015 22:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17690

    Actions (login required)

    View Item