UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DI KELAS VIIC SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Lusiana, Meking (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DI KELAS VIIC SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (788Kb) | Preview

    Abstract

    Meking Lusiana. UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DI KELAS VIIC SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2015 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan model PBL (Problem Based learning) yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran PBL di kelas VII C SMP Islam Diponegoro Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang direncanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIC SMP Islam Diponegoro Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan dengan pelaksanaan tindakan kelas melalui penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini didasarkan pada hasil tes. Data hasil tes pada pada indikator menyatakan ulang konsep siswa pada kemampuan awal sebanyak 61,67 %, pada siklus I sebanyak 69,26%, dan pada siklus II sebanyak 78,148%. Indikator memberi contoh dan non-contoh dari konsep pada kemampuan awal sebanyak 59,11 %, pada siklus I sebanyak 74,81%, dan pada siklus II sebanyak 76,29%. Selanjutnya pada prasiklus untuk indikator menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu sebanyak 42,46%, pada siklus I sebanyak 62,67%, dan pada siklus II sebanyak 71,11%. Sedangkan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah pada kemampuan awal sebanyak 56,15%, pada siklus I sebanyak 69,87%dan pada siklus II sebanyak 71,97%. Kemudian rata-rata pemahaman konsep pada kemampuan awal sebanyak 53,88889 %, pada siklus I sebanyak 69,18519 % dan pada siklus II sebanyak 73,55%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIIC SMP Islam Diponegoro Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 pada mata pelajaran matematika. Kata kunci: Problem Based Learning, pemahaman konsep, perbandingan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 03 Sep 2015 22:27
    Last Modified: 03 Sep 2015 22:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17687

    Actions (login required)

    View Item