Multiplikasi Tunas Aksiler Tanaman Sirsak (Annona muricata L.) Secara In Vitro Dengan Variasi Pemberian Indole-Butyric Acid (IBA) dan 6- Benzylaminopurine (BAP) Pada Media Woody Plant Medium (WPM)

Sari, Dwi Lumintang (2015) Multiplikasi Tunas Aksiler Tanaman Sirsak (Annona muricata L.) Secara In Vitro Dengan Variasi Pemberian Indole-Butyric Acid (IBA) dan 6- Benzylaminopurine (BAP) Pada Media Woody Plant Medium (WPM). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (269Kb) | Preview

    Abstract

    Sirsak (Annona muricata L.) merupakan tanaman buah tropis di Indonesia yang memiliki kandungan nutrisi tinggi dan dapat bermanfaat sebagai obat antikanker sehingga berpeluang menjadi produk agrobisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh IBA dan BAP dengan konsentrasi yang berbeda dan mengetahui konsentrasi IBA dan BAP yang optimum bagi multiplikasi tunas aksiler tanaman sirsak secara in vitro pada media WPM. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan 5 ulangan pada masing-masing kelompok perlakuan. Faktor perlakuan masing-masing terdiri dari 4 taraf yaitu : IBA 0; 0.1; 0.2; 0.4 ppm dan BAP 0; 0.5; 1.0; 2.0 ppm.Variabel yang diamati adalah saat muncul tunas, jumlah tunas, tinggi tunas, saat muncul daun, jumlah daun, warna daun, dan kalus yang terbentuk selama 60 hari pengamatan. Data kualitatif tunas seperti saat muncul tunas, saat muncul daun, jumlah daun, warna daun, dan kalus yang terbentuk dianalisis secara deskriptif, sedangkan data kuantitatif tunas yang diperoleh seperti jumlah tunas dan tinggi tunas dianalisis dengan ANOVA dan apabila terdapat beda nyata di antara kelompok perlakuan dilakukan uji lanjut dengan uji jarak berganda Duncan (DMRT) pada taraf 5% dengan menggunakan perangkat lunak SPSS (Statistical Product and Service Solutions) 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi IBA dan BAP dapat meningkatkan multiplikasi tunas aksiler tanaman sirsak (Annona muricata L.) secara in vitro pada media WPM. Pemberian IBA 0.2 ppm dan BAP 1.0 ppm berpengaruh optimum terhadap jumlah tunas aksiler, sedangkan pemberian IBA 0.1 ppm dan BAP 0.5 ppm berpengaruh optimum terhadap jumlah daun pada multiplikasi jumlah tunas aksiler tanaman sirsak secara in vitro pada media WPM. Kata Kunci : sirsak, multiplikasi tunas aksiler, in vitro, IBA dan BAP, media WPM

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Q Science > QK Botany
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 03 Sep 2015 21:52
    Last Modified: 03 Sep 2015 21:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17684

    Actions (login required)

    View Item