PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS IV SDN RANDUSONGO 2 KECAMATAN GERIH KABUPATEN NGAWI TAHUN AJARAN 2014/2015

ROHMAWATI, LILIK (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS IV SDN RANDUSONGO 2 KECAMATAN GERIH KABUPATEN NGAWI TAHUN AJARAN 2014/2015. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (825Kb) | Preview

    Abstract

    Pembelajaran IPS khususnya Sejarah pada umumnya bertujuan untuk meningkatkan nasionalisme dan kesadaran sejarah sehingga setiap orang memiliki kebanggaan terhadap bangsa dan negaranya, sehingga menjadi tugas guru sejarah untuk mengembangkan kesadaran sejarah dan nasinalisme siswa. Supaya tujuan pembelajaran tersebut tercapai maka salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture dengan menggunakan gambar – gambar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dan kesadaran sejarah siswa melalui penerapan pembelajaran Picture and Picture dengan media gambar-gambar terhadap pembelajaran IPS (Sejarah). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, dalam setiap siklusnya diadakan refleksi untuk melihat keberhasilan dari tindakan yang dilakukan. Setelah model pembelajaran Picture and Picture dengan menggunakan gambar-gambar diterapkan diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran ini cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan kesadaran sejarah siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar dan kesadaran sejarah siswa. Rerata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 63,25 meningkat pada siklus II menjadi 68,8, dan siklus III mencapai 72,8 dengan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 60%, siklus II sebesar 75% dan siklus III mencapai 85% .Sedangkan rerata kesadaran sejarah siswa pada siklus I sebesar 63,9, siklus II menjadi 65,9, dan siklus III mencapai 67,8 dengan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 70%, siklus II 75%, dan siklus III 85%. Dari penerapan model pembelajaran Picture and Picture menggunakan gambar-gambar dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS (Sejarah) menggunakan model pembelajaran Picture and Picture menggunakan gambar-gambar dapat meningkatkan hasil belajar dan kesadaran sejarah siswa yang ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar dan kesadaran sejarah disetiap siklusnya. Kata Kunci: Model pembelajaran Picture and Picture, hasil belajar, kesadaran sejarah

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 03 Sep 2015 18:18
    Last Modified: 03 Sep 2015 18:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17663

    Actions (login required)

    View Item